Vaksinasi Kelar, Menteri Trenggono Ingatkan Patuhi Prokes

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, diperiksa tenaga kesehatan sebelum divaksin di Jakarta, Senin, 29 Maret 2021. (Foto : KKP)

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, mengimbau pegawai KKP untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, baik saat bekerja maupun ketika berada di tengah masyarakat. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tenaga medis yang berjibaku melaksanakan vaksinasi dan menjadi garda terdepan selama pandemi berlangsung. Hal itu disampaikan Trenggono usai menjalani vaksinasi Covid-19 tahap dua di Gedung Mina Bahari III, Kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin (29/3/2021) sore.

Penyuntikan vaksin tahap dua di Kementerian Kelautan dan Perikanan berlangsung sejak Rabu pekan lalu dan berakhir hari ini. Usai disuntik vaksin dan menjalani observasi selama lebih kurang 30 menit, Menteri Trenggono meninjau serangkaian pelaksaan vaksinasi yang berlangsung di lantai 1 dan 2 Gedung Mina Bahari III. "Terima kasih sekali atas bantuannya, terima kasih sekali atas kepeduliannya. Mudah-mudahan kita semakin sehat dan terbentuk imunitas yang baik. Tetap kita jaga jarak, pakai masker dan rutin cuci tangan," ujar Trenggono dalam siaran pers di Jakarta pada Senin pekan ini.

Sekretaris Jenderal KKP, Antam Novambar, menjelaskan pelaksanaan vaksinasi tahap satu dan dua di kementeriannya berjalan lancar. Selain didukung oleh tenaga medis dari RS Abdi Waluyo, RS Siloam dan Kemenkes, lokasi pelaksanaan vaksinasi cukup luas sehingga protokol kesehatan bisa diterapkan secara maksimal. "Kegiatan dari tahap satu sampai tahap dua ini berjalanan lancar. Saya rasa semua penerima rileks menjalani vaksin ini, karena tempat yang disiapkan cukup nyaman dan lokasinya luas," ungkapnya.

Vaksinasi tahap dua berlangsung empat hari sejak 24 hingga 26 Maret dan dilanjutkan lagi pada 29 Maret 2021. Begitu juga dengan vaksinasi tahap satu berlangsung empat hari pada 8-10 dan 12 Maret 2021. Antam menerangkan lebih dari 4.000 pegawai KKP yang menjalani vaksinasi tahap satu dan dua. Mereka merupakan pegawai yang sehari-hari bertugas di kantor pusat dan juga kantor UPT KKP di sekitaran Jakarta. "Untuk dosis 1 total yang divaksin 4.446 dari KKP Pusat dan UPT. Untuk dosis 2 sampai jam 15.00 sudah ter-update 4.223 penerima," ungkapnya.

Sementara itu, Satgas Covid-19 KKP dr Maya menjelaskan, vaksin yang dipakai di KKP merupakan vaksin Sinovac. Dia berharap setelah mendapat vaksin, pegawai tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. "Yang harus digarisbawahi, bahwa vaksin itu bukan pengganti masker. Jadi harus tetap patuhi protokol kesehatan, pakai masker, sampai pandemi berakhir," imbaunya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)