Pemprov DKI Gandeng Livi Zheng Garap Video Promosi Pariwisata

Proses syuting video Vibrant Jakarta di Taman Lapangan Banteng.

Menyambut ulang tahun ke-492 Ibukota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Livi Zheng untuk menyutradarai video promosi wisata yang bertajuk Jakarta yang Semarak (Vibrant Jakarta).

Video Vibrant Jakarta merupakan video pariwisata internasional yang menampilkan berbagai sisi Jakarta, mulai dari gedung bertingkat tinggi, infrastruktur baru, keragaman budaya, kuliner, dan keramahan warganya.

Pembuatan video ini berawal dari pertemuan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan jajarannya di Pemprov DKI Jakarta, pada Maret 2019 lalu. Kemudian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov DKI Jakarta serta Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov DKI Jakarta menindaklanjuti dan menghubungi sutradara asal Indonesia itu yang selama ini berkarir di Hollywood, Amerika Serikat.

Pilihan Pemprov DKI Jakarta terhadap Livi Zheng ini karena Livi adalah anak bangsa yang berpengalaman dalam karya film layar lebar, dokumenter, dan iklan. Karya filmnya yang terbaru, Bali: Beats of Paradise, bukan hanya tayang di bioskop-bioskop di manca negara seperti di AS (November-Desember 2018) dan Korea (April 2019) tetapi juga masuk dalam seleksi nominasi Piala Oscar untuk kategori Best Picture.

Dengan karier dan pengalamannya di AS itulah, pilihan terhadap Livi Zheng dinilai tepat mengingat target video pariwisata tersebut yang menyasar dunia internasional.

“Saya senang sekali bisa meramaikan ulang tahun Jakarta tahun ini melalui peluncuran video Vibrant Jakarta yang saya sutradarai,” kata Livi Zheng dalam konferensi pers, di gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Menurut Livi, proses syuting video tersebut membutuhkan waktu selama tiga minggu. Video berdurasi 2 menit 49 detik ini menampilkan berbagai lokasi, di antaranya Jakarta International Velodrome, Taman Lapangan Banteng, Monumen Nasional, Bundaran HI, Kota Tua, tempat-tempat unik, serta tempat yang memiliki keterkaitan dengan sejarah dan kemajuan Jakarta.

Sementara itu, judul Vibrant Jakarta dipilih karena ingin menggambarkan kesemarakan Jakarta dengan sisi budayanya yang kaya, modern dan metropolis, tetapi tetap memancarkan kehangatan dan keramahtamahan serta menghargai keberagaman budaya Indonesia yang bersatu padu di Jakarta.

Kini, setelah peluncuran video Vibrant Jakarta, film layar lebar yang disutradarai oleh Livi Zheng, Bali: Beats of Paradise, segera ditayangkan di bioskop-bioskop di Indonesia mulai 22 Agustus 2019. Film tersebut mengisahkan perjalanan hidup Nyoman Wenten, seniman gamelan dari Pulau Dewata yang tinggal di Los Angeles. Dalam film itu pun mengupas persinggungan Wenten dengan gamelan sejak kecil di Bali hingga membawanya melanglang buana.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)