Agus Suryono, Bantu Organisasi Lepas Landas

Agus Suryono, Kepala Management System & Organization Development PT Intraco Penta Tbk.

Agus Suryono, Kepala Management System & Organization Development PT Intraco Penta Tbk., memiliki cara tersendiri untuk mengatasi talent war yang terjadi dalam dunia bisnis. Ia memilih berperan dalam menyusun strategi untuk optimalisasi SDM organisasinya. Perusahaan penjualan alat berat ini membentuk talenta sesuai dengan kriterianya, sehingga tidak harus pusing-pusing mencarinya dari luar organisasi.

Bekerja di Divisi Human Energy (sebutan unit Human Resources Intraco Penta), Agus memiliki sasaran, yaitu membantu organisasi untuk lepas landas (organizational take-off) sesuai dengan visi perusahaan. Ia melihat hal ini akan terwujud apabila perusahaan memiliki SDM yang terdiri dari good executor yang merupakan pelaksana yang baik dan merupakan kecambah dari talent dalam organisasi. Di samping itu, perusahaan juga membutuhkan high impact talent, yakni orang yang mempunyai performa yang tinggi dan dapat melakukan peran yang lebih besar.

Menurut pria lulusan Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Jakarta ini, unit HR berperan sebagai penyedia basis data terkait keahlian karyawan yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan strategis atau kebutuhan untuk proses pengembangan.

Selain itu, unit HR berperan sebagai perekat dalam meningkatkan komitmen karyawan terhadap core value perusahaan. “HR harus memastikan proses pengukuran core value yang terintegrasi dengan manajemen performa yang dilakukan secara objektif dan transparan,” ungkap lelaki berusia 30 tahun ini. Ia juga melihat HR bisa berperan membuat formulasi sistem reward yang mampu menjadi pembangkit energi sehingga bisa meningkatkan retensi dan motivasi karyawan.

Buat perusahaannya, Agus juga berpendapat perlu dilakukannya digitalisasi proses HR untuk meningkatkan pelayanan terhadap mayoritas karyawan yang merupakan kaum milenial. Proses tersebut mencakup absensi, payroll, pajak, talent management, rekrutmen, online development, dan performance management. “HR bisa berperan menerjemahkan policy ke dalam platform digital, sehingga dapat mempermudah karyawan dan diharapkan mempercepat proses pekerjaan,” ujarnya.

Arie Liliyah & Jeihan Kahfi Barlian

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)