Felicia Julian, Engineering yang Menjadi CMO

Kiprah Felicia Julian di bidang pemasaran sudah tidak diragukan lagi. Sudah sejak lama, ia dipercaya menempati posisi strategis di perusahaan-perusahaan ternama.

Sejak tahun 2015, ia dipercaya sebagai Direktur Marketing PT Frisian Flag Indonesia. Sebelumnya, ia malang melintang di Unilever dengan berbagai jabatan, mulai dari Brand Manager Molto, Senior Brand Manager Wafer Business, Senior Brand Manager  Pepsodent,   Senior Brand Manager Household Care, Marketing Director Oral Care, hingga Regional Sales Director Sumatera. “Saya memang cukup lama berkarier di Unilever,” ujarnya kepada SWA Online.

Uniknya, kendati menggeluti dunia  pemasaran, latar belakang pendidikan Felicia justru tidak berasal dari manajemen atau bisnis. Wanita berusia 40 tahunan tersebut berlatar pendidikan industrial engineering dan Manajemen Informatika. “Saya masuk ke marketing ini karena bagi saya ini bidang yang menarik,” tuturnya.

Walaupun sebagian orang menganggap latar pendidikan yang ia tempuh kontras dengan profesinya saat ini,  Felicia justru tidak sependapat dengan hal tersebut. “Kelihatannya saja begitu, padahal ada benang merahnya,” ucap dia.

Felicia mengatakan latar belakang pendidikannya yang engineering telah membantu dia untuk dapat berpikir sistematis, terstruktur dan analitik. Kemampuan ini, kata dia, sangat dibutuhkan dalam karier yang ia jalankan, mengingat bidang pemasaran saat ini sangat mengandalkan data-data dalam mengambil keputusan, tidak lagi hanya mengandalkan feeling. “Jadi data-data tersebut bunyi, sehingga ada maknanya, dan dibutuhkan untuk mengambil action untuk kegiatan kampanye atau apapun itu," dia menegaskan.

Bidang pemasaran saat ini, menurut dia sangat mengandalkan logika dan magic. Magic di sini dalam artian bahwa data-data tersebut digabungkan dengan pemahaman terhadap konsumen yang benar maka hasilnya akan luar biasa. “Dunia marketing itu cukup dinamis dan sangat menantang bagi saya," dia menambahkan.

Di Frisian Flag sendiri, ia mengatakan, aktivitas marketing yang dijalankan olehnya selalu diselaraskan dengan tujuan perusahaan yaitu memberi nutrisi bagi keluarga Indonesia atau nourishing the people. Frisian Flag akan hadir di mana pun konsumennya berada. ”Kalau mereka ada di TVC, kami di sana, mereka di online kami di sana, mereka on ground kami juga akan berada di sana," ungkapnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)