Inilah Empat Aplikasi Terbaik The NextDev 2017

Penentuan pemenang Telkomsel The NextDev 2017 cukup menegangkan. Dari Top 20 terbaik, disaring menjadi 8 finalis yang kemudian diajukan ke forum debat dan final pitching masing-masing kategori.

Sebanyakk 8 finalis harus beradu ide dan argumentasi di depan para juri secara live disaksikan direksi serta peserta lain. Kemudian dipilih yang empat aplikasi terbaik Telkomsel The NextDev 2017.The NextDev 2017 merupakan salah satu program tanggung jawab sosial Telkomsel membangun ekosistem digital Indonesia yang lebih maju.

"Program The NextDev ketiga ini, sejalan dengan komitmen Telkomsel bukan saja memberikan layanan terbaik, tapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat semaksimal mungkin. Melalui program ini kami melihat banyak anak muda kita bisa menciptakan aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah di masyarakat," ujar Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah

Melalui ajang ini, membuktikan teknologi bisa mendorong anak muda Indonesia berkarya, melakukan percepatan serta menyelesaikan masalah masyarakat. Peminatnya sangat besar sejak bulan Juli 2017 The NextDev dimulai ada 1800-an orang yang ikut ajang ini.

Keempat aplikasi yang akhirnya memenangkan The NextDev ketiga tahun ini adalah Cekmata, Squline, Karapan dan Marlin Booking. Keempat aplikasi terbaik ini dinilai memiliki kemampuan untuk memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Ririek menambahkan, setiap tahun kompetisi The NextDev terus menelurkan aplikasi digital yang inovatif. Hal ini menunjukkan tingginya kreativitas anak muda Indonesia untuk mencari solusi menggunakan teknologi bagi permasalahan yang ada di lingkungannya. Ini sesuai dengan upaya Telkomsel dalam membangun ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satu komponen utamanya adalah kehadiran berbagai aplikasi yang berkualitas ciptaan anak negeri.

Cekmata, Squline, Karapan dan Marlin Booking berhasil menjadi pemenang The NextDev 2017 setelah melewati fase akhir penjurian berdasarkan penilaian panel juri yang terdiri dari praktisi startup dan pakar teknologi, yaitu Irfan Tachrir (Direktur HCM Telkomsel), Samuel Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika), Ariff Kamal (Associate SEO Director GroupM), Dayu Dara (Vice President Go-Jek), Dennis Adhiswara (CEO Layaria), dan Alamanda Shantika (Co-Founder Binar).

Pada fase penjurian akhir tersebut, sebanyak 20 finalis The NextDev melakukan Final Pitching di hadapan panel juri selama tiga menit. Mereka berusaha meyakinkan panel juri mengenai kompetensi startup dan aplikasi digital yang mereka kembangkan berdasarkan masalah yang ditemukan, solusi yang ditawarkan, validasi pasar, model bisnis, rencana pengembangan produk, strategi pengembangan bisnis, serta kapabilitas tim.

Berdasarkan hasil final pitching, para finalis kembali disaring menjadi delapan finalis (dua finalis dari masing-masing kategori: e-Health, e-Education, e-Agriculture, dan e-Transportation).  Kedelapan finalis yang terpilih ini kemudian melakukan ‘Startup Battle’, untuk menentukan pemenang utama dari setiap kategori.

Sebagai persiapan untuk menghadapi fase penjurian akhir, 20 finalis The NextDev 2017 terlebih dahulu mengikuti mini bootcamp. Pada pelatihan singkat dan intensif ini, mereka mendapatkan materi tentang Public Speaking, Startups Financing, dan Character Building for Startup Success yang difasilitasi oleh praktisi terkait yaitu Yosanova (Assistant Vice President Mark Plus), Dheta Aisyah (Chief Business Development Officer Binar Academy) dan Danu Wicaksana (CEO TCash).

Empat aplikasi terbaik The NextDev 2017 mendapatkan hadiah utama berupa 7M (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert), dan bersama dengan finalis lainnya akan mengikuti pelatihan lanjutan dari Telkomsel dalam program The NextDev Academy. Program ini akan mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup.

Dengan berpartisipasi dalam akademi ini, para finalis The NextDev akan berkesempatan untuk meningkatkan skalabilitassocial technopreneurs melalui pengembangan diri dan peningkatan kemampuan di bidang research and customer development, design sprint, branding, product development, serta business model and bootstrapping.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)