Jumlah Pembeli Naik 4 Kali Lipat pada Festival 9.9 Super Shopping Day

E-Commerce (source: smart-money.co)

Festival 9.9 Super Shopping Day selama dua minggu lalu untuk mendorong revolusi industri 4.0 Indonesia melalui e-commerce. Festival belanja terbesar ini menghasilkan peningkatan jumlah pembeli online dari seluruh Indonesia hingga 4 kali lipat. Kategori produk Gawai, Komputer & Aksesoris, Fashion Wanita, dan Fashion Pria paling populer selama festival ini.

Kesuksesan Festival 9.9 Super Shopping Day menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin terbuka terhadap aktivitas belanja online melalui platform e-commerce. Perangkat mobile memainkan peranan penting dalam kesuksesan Festival 9.9 Super Shopping Day, terlihat dengan sebagian besar pesanan dilakukan melalui perangkat mobile. Data tersebut didukung oleh survei terbaru dari Katadata Insight Center (KIC), Indonesia e-commerce Mapping 2018 yang mengungkapkan bahwa lebih dari 92,79% masyarakat Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses platform e-commerce.

Festival ini telah membantu mendorong peningkatan jumlah pembeli online bagi pelaku e-commerce dan penjual secara signifikan dalam waktu yang singkat. "Kami berharap hasil Festival 9.9 Super Shopping Day dapat menginspirasi lebih banyak lagi para pelaku UMKM untuk go-online. Tingginya jumlah perdagangan online diharapkan dapat menjadi faktor pendorong utama untuk memajukan industri revolusi 4.0 dan guna mencapai target ekonomi digital Indonesia sebesar 130 miliar dolar AS di 2020”, jelas Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia.

Metta Dharmasaputra, CEO Katadata, menambahkan, selama beberapa tahun terakhir, industri e-commerce tumbuh dengan signifikan di Indonesia. Hal ini yang mendasari Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei “Indonesia e-commerce Mapping 2018” untuk menganalisis gambaran industri e-commerce di Indonesia secara keseluruhan termasuk saat berlangsungnya festival belanja online besar-besaran seperti Festival 9.9 Super Shopping Day ini. Salah satu fakta menarik yang kami temukan dalam industri e-commerce adalah kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal yang semakin meningkat. Hal ini dapat terlihat dari tingginya angka permintaan masyarakat terhadap produk lokal yaitu sekitar 69,94%. Sejalan dengan hal ini, para pelaku e-commerce menunjukkan dukungannya yang luar biasa dengan menyediakan 72,59% produk lokal selama Festival 9.9 Super Shopping Day.

Selain itu, survei Indonesia e-commerce Mapping 2018 juga menemukan beberapa fakta menarik seputar Festival 9.9 Super Shopping Day. Pertama, pengguna e-commerce terbanyak tersebar di Jawa (75,77%), Sumatera (13,51%), Sulawesi (3,99%), Kalimantan (3,77%), Bali dan Nusa Tenggara (2, 55%). Kedua, gratis ongkos kirim (30,53%) menjadi faktor pendorong utama minat belanja online di Indonesia. Ketiga, transfer ATM (31%) merupakan metode pembayaran terfavorit untuk transaksi di platform e-commerce.

Sebagai inisiator Festival 9.9 Super Shopping Day, Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia, menyatakan,  tanggal 9 September 2018, Shopee mendapatkan lebih dari 5,8 juta pesanan dalam 24 jam di seluruh negara. Shopee Indonesia berkontribusi sebesar lebih dari 40% dari total transaksi tersebut. Hasil dari festival ini menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia masih berjalan dengan baik, terutama konsumsi belanja online. Kesuksesan kampanye ini menegaskan keyakinan kami terhadap potensi e-commerce di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)