Microsoft dan YCAB Gelar Digital Skill Generasi Bisa

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) bekerja sama dengan Microsoft menggelar pelatihan Digital Skill Generasi Bisa! di Kupang, Nusa Tenggara Timur (29/01/2018).

Pelatihan ini merupakan salah satu cara yayasan dalam meningkatkan digital skill pelajar di Kupang agar dapat menjadi tenaga kerja digital masa depan. Munculnya revolusi industri ke-4 yang membuat dunia mengarah ke penggunaan teknologi Big Data, Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) membuat yayasan merasa perlu melengkapi generasi muda dengan perkembangan-perkembangan teknologi hari ini dan masa datang.

Meskipun ada kekhawatiran bahwa era digital berkontribusi terhadap kemerosotan kesempatan kerja, terutama di sektor padat karya, namun kemajuan teknologi informasi telah membuka peluang baru, terutama bagi keunggulan kompetitif sumber daya manusianya. "Dengan diperkenalkannya program Digital Skill dan Generasi Bisa!, generasi muda diharapkan tidak hanya sekedar menjadi pengguna, namun juga menjadi pelopor teknologi," ujar Firza Imam Putra, Head of Development & Communications YCAB Foundation.

Tingginya tingkat kelulusan siswa/i SMK dan SMA di Kupang yang hampir mencapai 100%, menjadi salah satu faktor pendorong terlaksananya Digital Skill Generasi Bisa! untuk yang ke-4 kalinya setelah Yogyakarta, Jambi, dan Jakarta.

“Salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah ilmu komputer dan cara berpikir struktural agar dapat bersaing secara global. Keterampilan digital, mulai dari literasi komputer mendasar hingga pendidikan sains komputer, akan mempersiapkan generasi muda di masa depan dan membuka pintu peluang ekonomi yang lebih besar,” Firza menambahkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh para guru SMA dan SMK serta siswa/i Rumah Belajar YCAB. Tahun ini, kerja sama antara YCAB Foundation dan Microsoft mencakup area ketenagakerjaan dan pengenalan ilmu komputer dan melibatkan sekitar 12 sekolah di wilayah Kupang.

Seiring dengan era digital yang membutuhkan sumber daya manusia yang melek teknologi, YCAB berharap dapat membantu menciptakan peluang ekonomi dan memastikan setiap orang mampu menghadapi kemajuan era ini. "Di antaranya melalui Generasi Bisa! dan Digital Skill. Program yang nantinya akan menjadi bagian dari Rumah Belajar YCAB juga diharapkan mampu menyiapkan masa depan generasi muda di Kupang yang kompetitif,” ujar Linda Dwiyanti, Director of  Marketing and Operations, Microsoft Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)