Penjualan Epson di Tangan Munenori Ando

Sebagai Manager Administrasi Umum Divisi Penjualan & Pemasaran Seiko Epson yang baru, Munenori Ando memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan infrastruktur penjualan dan strategi untuk semua produk Epson secara global.

Melalui motto “Change”, ia mengetahui bahwa kondisi pasar dapat berubah dengan cepat. Oleh karena itu perusahaan akan tertinggal dari tren pasar jika pola kepemimpinannya gagal untuk meramalkan dan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di pasar elektronik. Perjalanan kariernya bersama Seiko Epson Corporation dimulai sejak tahun 1985. Ia telah mengalami banyak tahap perkembangan historis yang signifikan dan memberikan kontribusi untuk pengembangan pasar dan pemasaran produk.

Pada awalnya ia bertanggung jawab atas pasar printer Pos , di mana ia ikut andil dalam merencanakan produk dan pengembangan pasar baru. Karena kinerjanya, ia mendapat kepercayaan untuk bekerja di wilayah Eropa selama 4 tahun pada tahun 1994 hingga 1998. Ia pun berhasil mengembangkan bisnis Pos melalui pengenalan teknologi baru sehingga membawa perusahaan ke posisi pertama.

Ia pun kembali ditugaskan ke Singapura sebagai kantor pusat Regional Asia Tenggara pada tahun 2003 sampai 2008. Di sana ia bertanggung jawab atas pengembangan pasar untuk printer Epson. Setelahnya, ia pun kembali ke Jepang sebagai generam manager dari Sales Marketing Department untuk produk Large Format Printing secara global.

Di tahun 2014, karena prestasinya, ia pun menjabat sebagai Presiden Epson (China) Co., Ltd. Di bawah kepemimpinannya dan strategi technology plus localization, Epson mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan dan mampu meningkatkan pangsa pasar utamanya, termasuk printer, proyektor, dan robot. Tahun 2017 ini, Epson baru saja meluncurkan kacamata cerdas Moverio BT-350 dan BT 220.

Berbagai strategi pun ia lakukan dalam hal pemasaran. “Kami melakukan pemasaran above the line melalui iklan dan below the line melalui partnership, training, demo, direct selling, campaign terbaru kami yaitu It’s in the details, dll. Tahun ini pula kami menyasar segmen pasar B2B,” ujar pria yang hobi bermain gitar ini.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)