Rilis Aplikasi, Mecapan Bidik Industri Jasa Kecantikan

Tiga sahabat meluncurkan aplikasi Mecapan. (Foto : Istimewa)

Naula Kamila, Syifa Alsakina, dan Galih Taufiqurrahman pada Hari Kartini, 21 April 2018 meluncurkan Mecapan, aplikasi yang berfokus pada layanan jasa kecantikan. PT Mecapan Kreasi Indonesia, demikian nama perusahaan start up yang didirikan oleh ketiga pengusaha yang masing-masing berusia 22 tahun ini, merancang Mecapan sebagai aplikasi yang memudahkan perempuan dari segala jenjang usia mengakses jasa kecantikan dengan cara yang lebih efisien.

Naula Kamila, Co-Founder sekaligus CEO Mecapan Indonesia, menyampaikan Mecapan dirlis karena pihaknya mengidentifikasi kendala wanita dalam mendapatkan perawatan kecantikan yang dibutuhkan dan meyakini industri jasa kecantikan domestik sangat prospektif sehingga Mecapan hendak mengisi peluang ini dengan menawarkan digitalisasi, meningkatkan skill dan knowledge yang dimiliki para pelaku usaha jasa kecantikan agar memiliki nilai jual tinggi “Oleh karena itulah aplikasi Mecapan yang bisa diunduh di Google Play dan Apple App Store hadir, untuk membantu wanita menemukan perawatan dan penyedia jasa yang paling sesuai dengan mereka, dan membantu pelaku usaha kecantikan dalam hal digitalisasi dan managemen usaha mereka. Sehingga, industri kecantikan Indonesia bisa semakin bersinar di dalam negeri dan bahkan mancanegara, ” jelas Naula dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, baru-baru ini.

Aplikasi Mecapan menggabungkan penyedia jasa kecantikan home service dan beauty parlor dalam satu aplikasi.Pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur utama di Mecapan yakni discovery, online booking, dan scheduling. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan permintaan pemesanan (request booking) terhadap layanan jasa kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran konsumen. Fitur filter disediakan Mecapan berdasarkan lokasi, harga, rating dan review atau besaran diskon yang diberikan oleh beauty provider.

Jumlah pemilik jasa kecantikan alias penyedia jasa kecantikan (beauty providers) yang bergabung di Mecapan lebih dari 500 beauty providers dari 12 kategori kecantikan yang datang dari berbagai kalangan. “Mulai dari usaha kecil, menengah maupun besar dengan variasi harga yang luas  di area Jabodetabek,” ujar Naula.

Berbagai kategori tersebut mencakup pelayanan kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kaki yang dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu, face (muka), hair (rambut) dan body (badan).  Saat ini, aplikasi Mecapan baru mencakup jasa kecantikan di area Jabodetabek, namun sudah direncanakan untuk diperluas hingga ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Mecapan berencana akan memperluas jaringannya hingga ribuan beauty providers dalam beberapa bulan kedepan. Ekspansi bisnis Mecapan akan dilakukan secepatnya terutama di kota-kota besar di Indonesia. “Kami memulai operasional Mecapan di beberapa daerah terlebih dahulu yang menurut kami memiliki pasar yang paling tepat dan terbesar yaitu Jabodetabek. Setelah itu, kami akan terjun ke berbagai kota besar yang ada di Indonesia yang kemudian akan dilanjutkan dengan ekspansi ke Asia Tenggara,” tutur Galih Taufiqurrahman, Co-Founder & Chief Operating Officer dari Mecapan Indonesia. Aplikasi yang dikembangkan sejak tahun 2017 tersebut berharap dapat membantu pemberdayaan wanita pada khususnya melalui beauty platform yang menjembatani antara konsumen dengan pelaku bisnis di bidang kecantikan ini. (*)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!