Strategi Bank Mandiri Tingkatkan Brand Value

Brand value pada sebuah perusahaan mampu memberikan first impression pada masyarakat luas akan sebuah produk yang dilansirnya. Hal ini terwujud pada penilaian masyarakat akan brand Bank Mandiri. Dalam segi bisnis, Bank Mandiri telah dipercaya masyarakat untuk memenuhi setiap kebutuhan finansial mereka. Menurut Direktur Retail Banking PT Bank Mandiri Tbk., Tardi, kondisi ini secara jangka panjang juga memengaruhi pertumbuhan market capitalization Bank Mandiri dengan baik. Awareness masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan Bank Mandiri berusaha ditingkatkan menjadi yang terbaik, top of mind di industri perbankan.

Untuk itu, Bank Mandiri meningkatkannya melalui berbagai campaign dan kerja sama dengan partner terbaik yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan manfaat lebih bagi nasabah Bank Mandiri. Hasil dari kerja sama yang dilakukan mampu meningkatkan berbagai fasilitas pelayanan yang dikomunikasikan secara efektif melalui cabang-cabang Bank Mandiri, media cetak, televisi, media luar ruang, dan digital yang disesuaikan dengan target marketnya. “Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bank Mandiri memiliki range produk dan jasa perbankan yang lengkap bagi seluruh lapisan masyarakat. Materi komunikasi yang kami sampaikan merupakan integrasi beberapa produk maupun jasa perbankan. Dan, untuk menarik minat masyarakat, content yang kami hadirkan pun selalu dibuat dengan kreatif,” ungkap Tardi.

Visibilitas juga menjadi perhatian sebagai faktor yang mendukung brand value mereka. Perbaikan signage cabang ataupun ATM (Anjungan Tunai Mandiri) tetap menjadi prioritas. Selain itu, evaluasi titik-titik media luar ruang sebagai sarana campaign kerap dilakukan agar lebih tersebar dan terlihat oelh masyarakat. Eksekusi strategi branding yang baik sangat mendukung image Bank Mandiri sebagai partner financial yang selalu ada untuk setiap kebutuhan nasabah. Hal ini juga akan berdampak baik untuk pencapaian bisnis secara keseluruhan. Tak berhenti di situ saja, tracking terhadap Bank Mandiri senantiasa dilakukan dan hasil tracking tersebut dilakukan evaluasi dan improvement agar nilai brand Bank Mandiri terus meningkat. Menurut Tardi, Bank Mandiri selalu konsisten memberikan manfaat dan nilai lebih kepada masyarakat Indonesia melalui promosi-promosi yang dapat dinikmati setiap nasabah dalam bentuk potongan harga melalui fiestapoin, kemudahan pembayaran melalui cicilan, tingkat bunga yang kompetitif, dan lain-lain.

Inovasi juga menjadi terobosan Bank Mandiri dalam mengikuti ritme perkembangan zaman. Melalui inovasi inilah mereka mengomunikasikan produk, layanan Bank Mandiri kepada masyarakat, seperti Mandiri Kartu Kredit Pertamina, Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua, Line Pay e-cash, Mandiri Debit Garuda, dan lain-lain. “Brand activation secara regular digelar sebagai event tahunan sesuai dengan brand value, seperti Mandiri Jakarta Marathon, Mandiri Jogja Marathon, Mandiri Karnaval Nusantara, Big Bad Wolf Book Bazaar, dan lain-lain. Melalui events ini, kami ingin nasabah memiliki experience langsung dalam menikmati nilai tambah pengunaan produk-produk Bank Mandiri,” imbuh Tardi.

Segala usaha yang dilakukan Bank Mandiri untuk meningkatkan brand value memberikan peningkatan loyalitas pelanggan. “Kami melakukan tracking secara regular, bekerja sama dengan konsultan riset independen, yaitu Nielsen. Dari hasil riset, tingkat loyalitas nasabah Bank Mandiri terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Melalui indikator ini dapat didimpulkan bahwa tingkat kepercayaan nasabah kepada Bank Mandiri semakin membaik,” ungkap Direktur Retail Banking Bank Mandiri.

Penilaian masyarakat inilah yang akan mendukung Bank Mandiri dari berbagai segi. Kepercayaan pelanggan untuk memenuhi setiap kebutuhan finansial mereka memberikan sense of belonging tehadap produk dan layanan Bank Mandiri. Komunikasi korporasi dan produk secara baik yang dilakukan juga mampu meningkatkan brand value dan mengantarkan pencapaian Bank Mandiri dengan memperoleh gelar Best Service Excellence, Good Corporate Governance, dan masih banyak lagi.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)