Strategi BEI Jadi Perusahaan Terbaik Bagi Pegawai di Asia

Tito Sulistio saat menerima penghargaan dari HR Asia. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) l mendapatkan penghargaan dari HR Asia & Business Media International sebagai The Best Companies to Work for in Asia 2018 di kategori Finanacial Services.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, mengapresiasi seluruh pegawai BEI yang berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan. BEI mendapatkan penghargaan ini selama 2 tahun berturut-turut yang diberikan oleh HR Asia ini.

Menurut Tito, mekanisme dan proses penilaian dilakukan HR Asia dengan melakukan survei kepada pegawai BEI. “Survei ini mengajukan 35 pertanyaan yang diajukan kepada pegawai BEI,” ujar Tito usai menerima penghargaan Best Companies to Works di Jakarta, Jum’at pekan lalu .

Ia mengatakan, gelar ini merupakan hasil dari kinerja seluruh pegawai dan kerja sama tim di internal BEI. “Salah satu pegawai yang beperan adalah ibu ini,” ucap Tito seraya menunjuk Ni Wayan Yadnya Wati, Head of Human Capital BEI yang mendampingi Tito menerima penghargaan ini. “Jumlah karyawan BEI sebanyak 496 orang,” tambah Ni Wayan.

Tito menekankan keunggulan budaya kerja yang diterapkan di BEI adalah fun and responsibility. “Kalau kebanyakan fun tidak ada output. Sebaliknya kalau hanya tanggung jawab maka pekerja hanya akan jadi robot," ucapnya. Tito menjelaskan penghargaan ini diberikan lantaran manajemen BEI menerapkan keseimbangan dari dua budaya kerja itu. “Lalu, kami mengombinasikan dua hal itu yang indikator keberhasilannya adalah penjualan, sales is result of a mix,” tutur Tito.

Sales is result of a mix, lanjut Tito, merupakan filosofi perusahaan yang diterapkan sebagai budaya kerja yang saling terkait serta indikator keberhasilan"Jadi tidak ada yang paling berjasa di perusahaan ini. Orang pencatatan kalau enggak ada siapa yang mencatat. Orang perdagangan kalau enggak ada siapa yang dagangin. Orang keuangan kalau ga ada siapa yang siapin dana. Begitu pun office boy kalau tidak ada, maka tidak ada yang menyediakan minuman. Jadi sales is result of a mix," beber pria berkumis ini.

Lebih lanjut, penghargaan yang diterima ini sebelumnya telah melalui seleksi di antara 220 perusahaan di seluruh Asia. Penilaian tersebut diberikan berdasarkan penilaian terhadap partisipasi karyawan, budaya kerja, dan kesempatan pengembangan diri.

Data Transaksi Saham 

Di sisi lain, rata-rata nilai transaksi saham harian di BEI pada periode 30 April hingga 4 Mei 2018 mengalami perubahan sebesar 22,45% menjadi Rp 6,61 triliun dari Rp 8,52 triliun pada pekan sebelumnya. Rata-rata volume transaksi saham harian di BEI sepekan terakhir mengalami perubahan 34,49%, menjadi 6,45 miliar unit saham dari 9,85 miliar unit saham sepekan sebelumnya.

Rata-rata frekuensi transaksi saham harian di BEI sepekan terakhir mengalami perubahan 18,25% menjadi 326 ribu kali transaksi dari 399 ribu kali transaksi sepekan sebelumnya. Di sisi lain, nilai kapitalisasi pasar BEI mengalami perubahan 1,97% menjadi Rp 6.448 triliun di posisi akhir pekan ini dari Rp6.577,52 triliun pada posisi akhir pekan sebelumnya.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di penutupan akhir pekan ini ikut mengalami perubahan sebesar 2,14% menjadi 5.792,34 poin dari 5.919,24 poin pada akhir pekan sebelumnya. Investor asing mengakumulasi jual bersih dengan nilai Rp 2,69 triliun, sehingga sepanjang tahun ini total nilai jual bersih investor asing sudah mencapai Rp 36,01 triliun.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)