Telkom Tawarkan Solusi ERP Merah Putih


Makin meningkatnya kebutuhan perusahaan untuk bertransformasi digital, membuat PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) berinisiatif untuk mengeluarkan solusi Enterprise Resource Planning (ERP) dengan harga terjangkau. Seperti diketahui, banyak perusahaan masih enggan mengaplikasikan ERP lantaran dianggap merupakan teknologi yang mahal.

Director of Enterprises & Business Service Telkom, Dian Rachmawan, mengungkapkan,  pihaknya selama ini punya tiga klasifikasi solusi ERP yang menyasar segmen yang berbeda-beda, mulai dari perusahan kecil, menengah, hingga perusahaan konglomerasi. Nah untuk segmen perusahaan yang skalanya masih kecil, ia menyebutkan solusi ERP yang ditawarkan oleh Telkom adalah ERP Merah putih. "Itu sejak tahun lalu sudah ada," ujarnya ketika ditemui usai acara Mou dengan PT Semen Baturadja di Kementerian BUMN (25 Oktober 2017).

Secara lebih rinci, ia menceritakan ERP Merah putih ini punya modul yang lebih sederhana, dibanding ERP umumnya. Modul-modul yang terdapat pada sistem tersebut tidak terlalu banyak dan memiliki kompleksitas yang tinggi. Salah satu modul yang ada, ia sebutkan seperti modul pencatatan keuangan, performance review management dan sales.

Adanya produk ERP Merah Putih ini, ia ceritakan, adalah salah satu cara Telkom membantu digitalisasi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dinamika perkembangan zaman, kata dia, sudah menuntut agar perusahaan bisa lebih lincah dalam mengelola bisnisnya. Adanya ERP dapat membantu perusahaan untuk mengintegrasikan proses bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien sehingga dapat berpengaruh positif pada performansi perusahaan. "Data jumlah pengguna ERP Merah Putih ini saya kurang hafal. Namun mungkin sudah puluhan perusahaan," dia menegaskan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)