Transaksi Komunal Melonjak 30% di Tengah Wabah Corona

Komunal, perusahaan fintech peer-to-peer lending yang telah meraih pendanaan awal dari East Ventures akhir 2019, mempercepat proses pengajuan pinjaman dan mendorong penggunaan teknologi digital agar pelaku bisnis dan investor tetap dapat produktif pada saat kondisi perekonomian tertekan oleh wabah virus Covid-19.

Komunal justru mencatatkan peningkatan penyaluran pinjaman di platformnya. Sepanjang Maret, nilai penyaluran pinjaman Komunal meningkat 30% dibandingkan rata-rata bulan sebelumnya.

Kenaikan nilai penyaluran pinjaman mengindikasikan daya tarik platform peer to peer (P2P) lending sebagai alternatif tujuan investasi. Terlebih saat ini pasar modal sedang anjlok. Data Komunal menunjukkan bahwa investor kini lebih terbuka untuk mendanai proyek dengan return yang lebih rendah. Contohnya, salah satu perusahaan kontraktor sipil di Surabaya yang merupakan borrower regular di platform Komunal yang mendapatkan sumber pendanaan secara cepat untu membangun ruang isolasi penanganan kasus Covid-19.

Akselerasi pengucuran kredit juga didukung oleh antusiasme
pemberi pinjaman (lenders). Selain itu, Komunal memutuskan tidak memungut biaya
administrasi sebagai dukungan perusahaan untuk upaya pemerintah menekan laju
penularan virus Covid-19 di Indonesia.

CEO Komunal, Hendry Lieviant mengungkapkan dalam kasus Covid-19, pihaknya mungkin tidak dapat membantu di garis depan, namun membantu di bidang teknologi. "Khususnya karena kami berasal dari Surabaya, proyek rumah sakit di Surabaya ini diharapkan dapat membantu orang banyak," sebutnya.

Proses pengajuan secara online dan pengunaan fitur tanda tangan digital di Komunal memberikan pelaku bisnis opsi proses pengajuan pembiayaan sambil memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)