Amanah Realty Pelopori Kost Vertikal Syariah di Indonesia

Untuk yang pertama kalinya tempat kost syariah diperkenalkan oleh PT Amanah Indonesia Realty (Amanah Realty) dengan nama Dekost Dramaga Riverside. Hunian ekslusif dengan konsep vertikal kost sewa ini lokasinya dengan salah satu perguruan tinggi di Kawasan Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

“Dengan semangat dimana Amanah Realty diharapkan menjadi pionir dalam mengembangkan properti dengan kepemilikan yang Insya Allah halal dan bebas dari riba, kami memandang ide besar Dekost Dramaga Riverside menjadi layak untuk diperkenalkan kepada para investor,” ungkap Teuku Fadhil Aruna, Direktur Utama Amanah Realty di Bogor (28/9/2019).

Area hunian ini di atas lahan seluas 1,74 hektar dengan kontur alamiah di sisi sungai (riverside) dan beragam fasilitas pendukung antara lain: masjid berkapasitas 600-800 jamaah, auditorium, food court yang berada di setiap gedung dan gedung komersil tersendiri, Amphitheater dan taman terbuka, parkir luas berada di dalam dan luar gedung, Wi-fi 24 jam, arena kolam renang dan gym terpisah (ikhwan dan akhwat), receptionist dan cleaning service, serta security 24 Jam.

Komplitnya fasilitas penunjang ini dipastikan mampu melengkapi kenyamanan kost vertikal syariah pertama di Indonesia ini. “Dengan fasilitas yang diberikan oleh pengembang di lingkungan Dekost Dramaga Riverside, kami berharap dapat lebih mendukung penghuninya, yaitu para mahasiswa/pelajar, karyawan, untuk beraktifitas secara efisien dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari, tanpa harus khawatir kekurangan fasilitas penunjang," jelas Ahmad Ferza, Direktur Marketing Amanah Realty.

Ahmad menjelaskan, pihaknya memilih kota Bogor menjadi lokasi proyek perdana lantaran Bogor memilki IPB sebagai salah satu kampus dengan perkembangan akademik yang cukup signifikan. Selain itu Bogor sebagai salah satu kota penyangga ibukota menjadi lokasi favorit pengembangan properti baik sebagai hunian maupun investasi. “Bogor dikenal sebagai salah satu kota yang islami dan menerapkan nilai-nilai ketimuran yang cukup kental dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari,” jelasnya.

Selain di Bogor, Amanah Realty berencana akan menambah proyek di dua lokasi baru di tahun ini. Untuk mendukung realisasi investasi tersebut, pada tahap awal, perseroan menyiapkan capital expenditure (capex) hingga Rp 50 miliar. Sementara untuk pembangunan proyek Dekost Dramaga Riverside, perseroan menganggarkan capex sekitar Rp150 miliar.

Unit pertama Dekost akan imulai proses penyerahan pada Oktober tahun 2020. Sementara untuk memilki satu unit nilai jual dibanderol Rp 220 juta dengan luas unit 16,10 meterpersegi. Namun, perseroan berharap akan terjadi peningkatan harga jual di kisaran 30% hingga 40%.

Sementara itu, model pembiayaan untuk memilki unit Dekost pada tahap awal ini adalah berupa sistem pembiayaan internal, langsung kepada pengembang. Kendati demikian, Perseroan tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerja sama dengan perbankan maupun Lembaga Keuangan Syariah, sepanjang memenuhi kaidah syariah yang berlaku.

Dekost tidak hanya melihat perlunya kelengkapan fasilitas fisik penunjang properti, namun juga pemberian fasilitas non-fisik yang mendukung pengembangan pribadi penghuninya. Sebanyak 7 program terbaik telah disiapkan oleh pengelola untuk membantu mewujudkan cita-cita para mahasiswa/pelajar yang menghuninya. Program-program tersebut antara lain, Program Amanah-Preneur, Program Beasiswa, Mentoring Bisnis Syariah, Akses pada Komunitas Syariah dan tentunya program-program Islami seperti Kajian Fiqih Muamalah, Program Tahfidz Quran, serta Sholat Shubuh berjamaah.

Amanah Realty menyadari bahwa membangun lingkungan yang Islami dan generasi muda yang mempunyai cita-cita terbaik untuk masa depan, perlu mendapatkan dukungan yang terbaik pula, baik dari orang tuanya maupun lingkungan dimana mereka berkembang saat ini. "Untuk itulah kami berharap, kehadiran Dekost Dramaga Riverside ini menjadi angin segar sekaligus harapan baru bagi semua pihak, dalam menghadirkan hunian dan sekaligus membangun moral serta spiritual generasi penerus kita,” kata Fadhil.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)