Crown Group Ciptakan Gaya Baru Hunian Vertikal

Crown Group memahami perubahan perubahan sifat pengembang apartemen di Australia secara umum.  Kini,  lebih banyak apartemen baru yang dibangun ketimbang rumah tapak di Negeri Kanguru, terutama di Sydney.

Berdasarkan Pusat Biro Statistik Australia, perubahan karakter pembangunan ini mencatat ada 28.102 rumah baru dan 28.527 unit apartemen dan town house yang baru selesai pada kuartal Desember 2016. Salah satu hal yang menarik tentang pengembangan hunian apartemen di Sydney adalah perubahan karakter proyek. Apartemen tidak lagi hanya menjadi batu loncatan dengan harga yang terjangkau sebelum memiliki rumah. Tren lainnya adalah banyak pembangunan apartemen yang berada tepat di atas pusat perbelanjaan, seperti gaya hunian di New York.

Menurut pendiri perusahaan McGrath Real Estate, John McGrath, ini merupakan gaya di masa depan. “Kita akan melihat lebih banyak pengembangan ritel atau hunian campuran di masa depan. Lebih banyak orang yang ingin tinggal di apartemen,” ujarnya. Kondisi ini depengaruhi oleh gaya pemilik pusat perbelanjaan yang mengubah aset komersialnya menjadi pengembangan hunian mixed-use. John McGrath juga mengungkapkan bahwa Crown Group adalah pelopor dalam pembangunan kembali pusat perbelanjaan yang memiliki fasilitas hunian vertikal, salah satunya Top Ryde City Living.

Menurut John McGrath, pembangunan kembali pusat perbelanjaan Top Ryde City Shopping dikombinasikan dengan hunian apartemen baru adalah contoh yang bagus. Top Ryde dibongkar pada tahun 2007 dan berhasil dibangun ulang oleh Crown Group pada tahun 2014 menjadi Top Ryde City Living. Kini telah menjadi hunian bagi lebih dari 600 penghuni dilengkapi dengan ratusan toko dan pemandangan kota atau Blue Mountains. “Tren seperti ini sudah ada di Indonesia dimana banyak sekali hunian vertikal terletak tepat di atas pusat perbelanjaan” jelas CEO Crown Group, Iwan Sunito.

Semakin banyaknya penduduk yang lebih memilih tinggal di daerah perkotaan dibanding pedesaan membuat kebutuhan akan hunian semakin bertambah. Adaptasi dengan perkembangan zaman menciptakan inovasi-inovasi terkini yang selalu dilakukan oleh Crown Group.

"Proyek Ryde adalah salah satu tonggak sejarah Crown Group dalam hunian vertikal di Sydney. Ryde menjadi menara apartemen pertama dengan konsep resort yang berada di atas pusat perbelanjaan," ujar Iwan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)