Indonesia 1 Akan Jadi Landmark Baru Bagi Jakarta

Konstruksi terbaru Indonesia 1 sudah rampung hingga tingkat ke 48 dan ditargetkan akan rampung pada Q4 2020.

Indonesia 1, bangunan yang mengintegrasikan kehidupan masyarakat Jakarta untuk bekerja, beraktivitas, dan bersantai ini ditargetkan akan rampung pada Q4 2020. Konstruksi terbaru menunjukkan bahwa pembangunan gedung Indonesia 1 telah mencapai tingkat 48.

Bangunan ini berada di pusat Central Business District (CBD) Jakarta tepatnya di jalan MH Thamrin, di bawah kelola PT CS Media Investment dengan sumber pendanaan yang berasal dari CS Land dan Media Group. Ketinggian gedung ini mencapai 303 meter dengan konsep mixed-use yang ramah lingkungan.

Dengan luas area 18.925 m2, gedung pencakar langit berwarna champagne ini terdiri dari dua menara, yakni South Tower dan North Tower, yang sebagian besar akan dihuni oleh kantor kelas premium, baik perusahaan di Indonesia dan multinasional.

North Tower memiliki 73 lantai, terdiri dari 181 apartemen servis premium yang akan dioperasikan oleh Pan Pacific Serviced Suites. Sementara itu, puncak dari South Tower akan bertahtakan mahkota berupa sebuah kompleks gaya hidup yang high-end, yaitu Polaris yang akan menyajikan pemandangan Jakarta 360 derajat.

Dengan luas area kurang lebih 1.770 m2, kompleks ini akan memiliki tiga lantai yang mencakup restoran hingga lounge eksklusif dan dilatarbelakangi dengan birunya langit Jakarta. Indonesia 1 pun memiliki area parkir yang luas serta akses transportasi umum yang mudah, termasuk koneksi langsung ke Stasiun MRT Bundaran HI.

Tay Swee Eng, Project Director CS Land, mengatakan, “Untuk menunjang konsep work-live-play, Indonesia 1 telah dirancang sesuai dengan standar BCA Greenmark Platinum, rating Greenmark tertinggi yang ditetapkan oleh Building & Construction Authority of Singapore.”

Berharap agar Indonesia 1 menjadi landmark kota Jakarta, garis-garis desain dari Mercurio Design Lab Srl sebagai arsitek Indonesia 1 mempertegas keunikan dari proyek ini. Strukturnya yang solid dirancang menyerupai mercusuar. Mahkota dari kedua menara pun melambangkan karakter gedung yang menonjol, khususnya Polaris yang menjadi puncak dari South Tower.

Di kesempatan yang sama, Massimo Mercurio, Managing Director Mercurio Design Lab, pun menambahkan, tidak hanya beraspirasi menjadi landmark fisik bagi ibu kota Jakarta, Indonesia 1 adalah manifestasi dari desain yang mengutamakan keberlanjutan dan kesadaran lingkungan.

Desain keseluruhan Indonesia 1 juga mempertimbangkan aspek kesehatan, seperti memaksimalkan pencahayaan alami hingga mengoptimalkan kualitas udara untuk memastikan kesejahteraan penghuni dan meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan di dalam gedung. CS Land pun telah menunjuk JLL Indonesia dan Cushman & Wakefield sebagai marketing representatives dari Indonesia 1.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)