Inovasi Konsultan Properti di Era Disrupsi Digital

Coldwell Banker merespons disrupsi. (Foto : Ist)

Teknologi bukan hanya milik perusahaan rintisan atau startup. Coldwell Banker, misalnya, berinovasi dalam menghadapi perubahan teknologi di era disrupsi digital. Tidak ingin hanya bergerak dalam bisnis properti komersial, Coldwell Banker kini masuk kembali dalam bisnis broker properti residensial melalui sistem waralabanya, mengusung konsep dan teknologi yang diyakini Managing Partner Residensial & Franchise Coldwell Banker Indonesia, Alvin Alexander, dapat mendisrupsi bisnis broker properti.

Alvin menjelaskan, disrupsi dalam bisnis properti bukan dengan menggantikan peran manusia dengan aplikasi, tetapi justru dengan memperlengkapi manusianya yaitu broker properti dengan teknologi yang membuat para broker ini bisa menjalani perannya dengan lebih efisien dan lebih baik. "Kita mendengar disrupsi terjadi di mana-mana, tetapi transaksi jual beli properti adalah salah satu segmen ekonomi yang paling sulit didisrupsi. Mengapa? Karena properti bukan fast moving consumer good,” ujar Alvin di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Properti, lanjut Alvin, adalah barang mahal dan transaksi jual belinya jarang dilakukan. itu sebabnya konsumen ingin berinteraksi dengan manusia, bukan dengan robot atau aplikasi ketika hendak membeli properti ini.

Perusahaan konsultan properti ini menyodorkan sistem waralaba teknologi digital terkini, seperti virtual tour, sistem manajemen klien yang cerdas atau disebut sebagai smart CRM, program automatic buyer follow up, bahkan sampai pada kantor online untuk para agen bisa saling bertemu dan berkolaborasi seperti serasa sedang bermain game. “Semuanya disediakan kepada para partner bisnis yang membeli waralaba Coldwell Banker ini," demikian dijelaskan Alvin lebih lanjut.

Perusahaan ini menyediakan kamera dan software virtual tour untuk para pembeli waralabanya sehingga layanan pengambilan tur virtual untuk properti yang hendak dijual kini bisa diberikan oleh semua agen properti Coldwell Banker. Peningkatan kualitas dan profesionalisme agen juga bisa semakin sering dilakukan melalui training online di virtual classroom yang dimiliki oleh Coldwell Banker. Properti yang dititipkan ke Coldwell Banker bukan hanya dipasarkan di Indonesia saja, tetapi juga dapat dipasarkan ke luar negeri, misalnya di properti portal China lewat platform-nya Coldwell Banker. Ini bisa dilakukan karena platform Coldwell Banker ini telah diintegrasikan ke lebih dari 100 properti portal di 60 negara.

Selama 113 tahun, Coldwell Banker telah hadir dan menjadi bagian dari industri real estate global, berkontribusi pada perkembangan bisnis properti, tidak hanya di negara asalnya Amerika Serikat, tapi juga di 47 negara dengan 92,000 agen profesional. Di Indonesia perusahaan ini telah hadir sejak tahun 2001, namun dengan fokus pada bisnis properti komersial seperti pengelolaan gedung, penyewaan kantor dan mal serta penelitian dan konsultasi real estate. "Saat ini kami mengelola hampir 60 gedung dan telah melayani ratusan klien perusahaan baik itu developer ataupun non developer dalam bidang research dan penyewaan kantor dan mal. Kini, saatnya kami melayani pemilik-pemilik properti pribadi, melalui para agen kami, sehingga memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat umum," jelasnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)