Jabodetabek Masih Jadi Incaran Utama Pencarian Hunian Tahun 2022

Perubahan pasar yang terjadi di industri properti selama Semester I/2022 memang tidak dapat dielakkan. Faktor kebijakan ekonomi pemerintah dan penyesuaian strategi pasar para pebisnis properti menjadi beberapa penyebabnya.

Pola perilaku konsumen yang bermigrasi masif ke media digital jadi momentum yang turut diperhitungkan. Perilaku tersebut mendorong naiknya minat investasi properti di kalangan masyarakat.

Momentum perubahan pasar dan munculnya fenomena unik di industri properti ini dikupas tuntas dalam webinar ‘Indonesia Property Market Review 2022: Evolving Real Estate Landscape ‘ yang diselnggarakan oleh 99 Group (26/8/2022).

Berbekal data yang dikumpulkan secara komprehensif, 99 Group mampu menyajikan informasi terkini dan akurat seputar industri properti Tanah Air. Acara kali ini menghadirkan narasumber VP of Finance - Strategy and IR Role 99 Group Timothy Alamsyah, CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda, dan Direktur MAS Group Suwandi Tio.

Timothy mengatakan, masa pemulihan bisnis properti terjadi sepanjang 6 buan pertama tahun 2022. Mulai Januari hingga Juni 2022, data 99 Group mencatat fluktuasi minat kepemilikan properti yang terus membaik. Tercatat lokasi populer seperti Jakarta Selatan yang masih jadi incaran konsumen, dengan Tangerang dan Bandung sebagai area paling diminati di luar DKI Jakarta.

Beranjak ke tipe dan harga properti yang diminati juga menunjukan tren menarik selama dua kuartal di 2022 hingga Juli kemarin.  “Meskipun rumah tapak masih jadi primadona pilihan masyarakat saat membeli properti, apartemen juga menunjukan kenaikan tren pertumbuhan positif. Tipe properti ini bahkan mengalami kenaikan peminat yang sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya. Kita juga melihat adanya potensi baru dari kenaikan permintaan tanah atau lahan yang semakin banyak dicari konsumen,” papar Timothy.

Demografi pasar pencari properti memperlihatkan perubahan yang menarik. Sebagai daerah pusat ekonomi strategis, kawasan Jabodetabek masih keluar sebagai pilihan utama para pencari properti yang mencari rumah impian, berdasarkan indeks 99 Group yang berasal dari portal utamanya, yakni Rumah123.com. Berdasarkan statistik 99 Group pada Semester I/2022, sebanyak 62% pengguna Rumah123.com mencari properti di kawasan Jabodetabek, dengan 31% di antaranya fokus di area Jakarta.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)