MAS Tawarkan Investasi di D'Luxor Condotel Bali

Meski di Bali sudah dibanjiri hotel, kondotel atau vila, namun Kota Wisata ini tetap menarik bagi investor. Tak heran jika penawaran investasi properti dalam bentuk kondotel di sana terus bermunculan. Baru-baru ini D'Luxor Condotel besutan PT Merpati Abadi Sejahtera (MAS) juga mengincar investor untuk berinvestasi.

D'Luxor Condotel Bali adalah hotel bintang empat yang sedang dalam proses pembangunan di kawasan Kuta, Bali. Pembangunan kondotel hampir rampung dan akan segera soft launching pada Juli 2017. Di Agustus 2016 lalu, D'Luxor Condotel telah sampai pada tahap topping off.

“Di D'Luxor Condotel tersedia 359 unit kamar dengan tarif sewa sekitar Rp1,6 juta semalam,” ujar Michael Widjaja, Project & Marketing Manager D'Luxor Condotel di Jakarta (4/4/2017).

Michael Widjaja, Project & Marketing Manager D'Luxor Condotel

Hotel yang dibangun di atas lahan sekitar 1 hektar ini nantinya berupa gedung 5 lantai. Berbagai fasilitas pendukung setara hotel bintang 5 telah disiapkan oleh pengembang, seperti gedung yang telah menerapkan teknologi laser cut yang menghasilkan bayangann indah pada saat terkena sinar matahari, lagoon pool terpanjang di area Kuta yang dilengkapi dengan pasir putih dan pantai buatan yang memberikan jaminan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang membawa anak kecil, fasilitas ballroom terbesar di Kuta yang mampu menampung 1.000 pax atau 100 roundtable.

Selain itu, dilengkapi dengan 10 meeting room, VIP spa, rooftop yang full entertainment dilengkapi dengan sky bar yang dikelola oleh Potatohead, sky pool,sky garden, cafe dan restaurant Bebek Tepi Sawah dan masih banyak fasilitas pendukung lainnya.

“Lokasi D'Luxor Condotel cukup strategis, yakni di pusat bisnis Bali, sehingga diminati masyarakat. Terbukti hingga saat ini penjualannya kami lebih dari 75% unit kamarnya. Dari bandara, Anda hanya butuh waktu 10 menit untuk tiba di hotel kami dan hanya butuh waktu 15 menit bagi Anda untuk mencapai Pantai Kuta. Inilah yang membuat kami yakin bahwa D'Luxor Condotel akan menjadi New Icon di kawasan Kuta,” jelasnya.

Untuk pembangunan kondotel ini, MAS menggandeng PP Precast untuk konstruksi. Sedangkan manajemen hotel dipercayakan pada DusitD2 Hotels and Resorts yang sudah berpengalaman lebih dari 68 tahun. DusitD2 merupakan satu-satunya manajemen perhotelan Asia Tenggara yang berhasi memasuki pasar Amerika dan bersaing di berbagai negara seperti Uni Emirat Arab, China, Mesir, Kenya, India, Thailand, dan Maldives.

Lantas, apakah investasi kondotel ini benar-benar menguntungkan? Menurut Perencanaan Keuangan, Prita Ghozie dari ZAP Finance, dengan suku bunga deposito yang rendah, tingkat rental guarantee condotel sekitar 8 - 12% setahun memang menggiurkan. Meski demikian, sebelum Anda benar-benar terjun di bisnis properti condotel, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Lokasi
Umumnya, orang menginap di kondotel/hotel saat melakukan perjalanan bisnis atau wisata. Untuk itu, pastikan lokasi condotel yang Anda pilih benar-benar strategis. Dekat dengan pusat wisata dan hiburan, dekat dengan area bisnis, serta mudah diakses.

2. Pengembang
Pastikan pengembangnya terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik. Agar jangan sampai terjadi keterlambatan penyelesaian pembangunan atau bahkan gagal bangun. Cek seluruh legalitasnya, pastikan sudah memiliki IMB dan Ijin Usaha Perhotelan. Karena kedua sertifikat ini sangat penting sebagai jaminan bahwa condotel yang Anda beli akan segera dibangun dan siap beroperasi.

3. Pengelola
Siapa yang menjadi pengelola hotel yang akan Anda beli? Seberapa besar pengalaman dan jaringan yang mereka miliki? Ini penting untuk Anda ketahui. Pastikan pengelola tersebut telah berpengalaman di bisnis hotel & resort management berskala internasional. Karena nantinya, merekalah yang akan membangun nama besar hotel yang Anda beli.

4. Fasilitas
Ketahui fasilitas apa saja yang terdapat di hotel tersebut. Fasilitas hotel akan menarik tingkat hunian/occupancy hotel. Berdasarkan riset perusahaan travel online Orbitz pada Juni 2012 ada tiga hal yang dinginkan konsumen.

5. Status Kepemilikan
Perhatikan juga status kepemilikan atas condotel yang akan dibeli. Apakah berupa Hak Guna Bangunan (HGB), atau hak pakai. Tidak banyak yang tahu bahwa Hak Guna Bangunan atau dalam bahasa Inggris biasa disebut Strata Title terdiri dari 2 jenis, yakni HGB – Milik atau Freehold Strata Title dan HGB – Sewa atau Lease Strata Title.

6. Hak dan Kewajiban Pemilik/Investor
Hak yang didapat investor biasanya berupa: Rental guarantee dan profit sharing. Rental guarantee adalah jaminan sewa yang diberikan pengembang kepada investor. Nilai rata-rata yang diberikan pengembang 8 persen per tahun dari harga beli. Sedangkan profit sharing adalah pembagian keuntungan dalam kisaran 50-50.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)