Meikarta, Kota Raksasa dengan Investasi Rp 278 Triliun

Kelompok usaha Lippo  mengumumkan pembangunan kota baru berskala internasional dengan nama visioner “Meikarta” pada Kamis (4/5). Total nilai proyek ini mencapai Rp 278 triliun. Dalam keterangan tertulis disebutkan, proyek ini merupakan investasi Lippo terbesar yang pernah dikerjakan selama 67 tahun sejak berdirinya kelompok usaha ini.

Kota raksasa ini akan berada di jantung ekonomi Indonesia, di tengah tengah koridor Jakarta-Bandung dan dikelilingi beberapa kota baru, seperti Lippo Cikarang, Jababeka, dan MM2100. Kawasan ini merupakan pusat keseluruhan industri di Tanah Air, di mana lebih dari satu juta mobil, 10 juta motor, dan jutaan kulkas, televisi, serta alat alat rumah tangga diproduksi setiap tahun.

Ribuan perusahaan raksasa nasional dan multinasional juga ada koridor ini dengan ratusan ribu staf dan karyawan kantor, serta jutaan pekerja. Perusahaan raksasa itu, antara lain Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, dan Samsung.

Dalam tahap pertama, Meikarta sudah memulai membangun 250.000 perumahan yang akan langsung menampung lebih dari 1 juta komunitas perkotaan. Pembangunan Meikarta seluas 22 juta meter persegi sudah dirancang sejak 2014 silam. Pekerjaan fisik sudah dimulai sejak Januari 2016 dengan pembangunan sampai 100 gedung pencakar langit dengan masing-masing memiliki 35 lantai sampai 46 lantai.

CEO Lippo Group, James Riady, menyatakan proyek ini menyerap banyak tenaga kerja. Jumlah pekerja yang terlibat dalam proyek ini mencapai 65.000 orang. Menurut James, peluncuran penjualan Meikarta akan dilakukan secara resmi pada Sabtu, 13 Mei 2017.

Dalam kawasan Meikarta akan dibangun 7 pusat perbelanjaan dengan luas total 1,5 juta meter persegi, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional, 10 hotel internasional berbintang lima, perpustakaan nasional, opera theatre and art centre, 100 SD internasional dan sekolah nasional plus, 50 SMP dan SMA nasional dan internasional, tiga universitas nasional, pusat riset industri, international exhibition centre, dan Indonesian Silicon Valley.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Agar Agen Cigna Lebih Mengenali Kebutuhan Nasabah

Memasuki usia ke- 27 tahun berkiprah di dunia asuransi, Cigna Indonesia meluncurkan inovasi digital terbaru, yaitu aplikasi elektronik atau e-apps...

Close