Memilih Hunian yang Ramah Anak di Era Digital

Di era digital ini, anak-anak seharusnya tetap dapat tumbuh secara alamiah. Bermain di luar ruangan agar mengenal fairplay dan memahami sistem koordinasi, berinteraksi dengan teman sebayanya untuk melatih interpersonal skill.

Anak yang telah kecanduan bermain gawai, tidak dapat melatih perkembangan fisiknya. Efek penggunaan gawai yang berlebihan pada anak dapat menjadikannya tidak memiliki berat badan ideal sesuai dengan usianya, seperti obesitas atau kurangnya berat badan, serta gangguan fisik lainnya seperti terpapar radiasi dan rusaknya penglihatan. Hal tersebut pun berdampak pada penurunan perkembangan otak yang berperngaruh terhadap daya pikir dan berbicara.

Sementara itu, aktivitas berlari dan melompat untuk dapat mengasah kekuatan fisik anak. Bahkan untuk menyalurkan energinya secara positif dan meningkatkan kualitas istirahat agar menjadi lebih teratur.

Namun, tak sedikit orang tua yang menjadi khawatir untuk mengizinkan anak bermain di luar ruangan. Hal ini disebabkan beberapa kendala, seperti semakin sempitnya lahan di luar ruangan yang dapat digunakan anak untuk bermain. Juga lingkungan yang semakin tidak aman seperti adanya perilaku berbahaya di jalan raya dan polusi.

Tak hanya itu, kesibukan orang tua pun dapat menjadi salah satu faktor kendalanya, sehingga kualitas kebersamaan antara orang tua dan anak untuk berinteraksi bersama alam relatif sedikit.

Banyak orang tua telah menerapkan sistem kontrol dalam pemakaian media digital bagi anak-anaknya dan berusaha untuk dapat mengajak anak untuk bermain di luar ruangan. Namun, hal tersebut sering kali terabaikan karena kesibukan orang tua. Malahan, karena tingkah laku anak yang tak terkendali sehingga media digital dijadikan sebagai alat pengalihagar tenang dan orang tua dapat melakukan pekerjaannya. Alhasil, anak tetap diam di dalam rumah, kecanduan bermain gawai sampai pada saat bangun tidur, makan, hingga waktu tidur pun tak lepas dari gawai itu.

Pola asuh dan lingkungan rumah memang berperan penting. Tak heran bila saat ini ini banyak keluarga yang mencari hunian di tengah kawasan yang aman dan tentunya memiliki area terbuka yang luas. Sebut saja Podomoro Park Bandung, proyek terbaru Agung Podomoro Land seluas lebih dari 100 hektar ini mengusung konsep utama Harmony with Nature.

Home resort ini mengedepankan keselarasan dengan alam, sehingga hampir 50% dari luas kawasan merupakan ruang terbuka hijau. Mengenalkan alam pada anak semudah berjalan keluar rumah. Pasalnya, Podomoro Park memiliki collective garden indah yang dapat dijadikan sebagai salah satu sarana bermain anak dan berinteraksi sosial.

Interaksi bersama keluarga pun dapat dilakukan sambil menikmati danau indah yang membentang sepanjang 1 km di tengah kawasan, yang dilengkapi dengan fasilitas jogging track di tepi danau. Lingkungan nyaman juga ditunjang dengan udara segar dan hijaunya kawasan pegunungan akan membawa anak-anak untuk mempelajari dan menikmati alam.

Tak hanya itu, untuk mendukung anak-anak bermain dengan teman sebayanya, Podomoro Park menyediakan children playground sehingga anak-anak dapat dengan leluasa berlari dan bermain dengan aman. Mengutamakan kenyamanan dan keamanan, Podomoro Park dilengkapi clubhouse yang didalamnya terdapat function room, infinity pool, gym, tennis court, basketball court, serta di dalam kawasan disediakan pula bike lane, sistem keamanan 24 jam, CCTV, dan panic button.

“Kami menyadari masa kanak-kanak merupakan masa sangat penting, karena akan menjadi pondasi dasar bagi perkembangan kehidupannya di masa yang akan datang. Untuk itu, Podomoro Park mendukung untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi tumbuh kembang anak, melalui ruang terbuka yang luas, area bermain anak dan fasilitas lainya yang tentunya mengutamakan keamanan”, ujar Agung Wirajaya, Assistant Vice Presiden Strategic Residential Agung Podomoro Land.

“Podomoro Park dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi para orang tua di tengah era digital ini, agar anak-anaknya dapat tumbuh kembang dengan optimal”, imbuhnya. Agung pun menambahkan, konsep Podomoro Park tersebut mampu menarik antusiasme pasar yang sangat tinggi, itu merupakan salah satu bukti bahwa prioritas utama dalam sebuah keluarga adalah kesehatan dan masa depan anak.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)