Sinar Mas Land Kembangkan Gedung Perkantoran Ramah Lingkungan

PT Sinar Mas Land  (SML) berkomitmen membangun gedung yang inovatif. Salah satu produk properti inovatif yang dihasilkannya adalah BSD Green Office Park di BSD City, Serpong, Tangerang, Banten. Beragam fasilitas disediakan pengembang untuk gedung perkantoran ini, antara lain sistem teknologi informasi (TI) yang terpadu dengan kawasan hunian BSD City. “Green Office Park adalah inovasi kami. Gedung perkantoran ini dibangun sesuai dengan prinsip gedung hijau dan prinsip melestarikan lingkungan hidup,” ujar Ignesjz Kemalawarta, Direktur Corporate Governance & Sustainability Development Sinar Mas Land.

BSD Green Office Park menempati lahan seluas 25 hektare. Gedung perkantoran ini dikelilingi enam bangunan, yaitu pusat perbelanjaan The Breeze seluas 13,5 ha, Sinar Mas Land Plaza, My Republic Plaza (Green Office Park 6) yang dibangun lima lantai, Green Office Park 9 (enam lantai), Graha Unilever (luas site area 30 ribu m2), dan kantor pemasaran BSD City. Prinsip green building yang diaplikasikan pengembang ke BSD Green Office Park itu adalah mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam gedung dengan menggunakan kaca khusus, memakai lampu tenaga surya untuk penerangan jalan umum di kawasan perkantoran, dan menerapkan sistem water fixtures dengan flow rate rendah untuk menghemat air. Nantinya, pengembang akan membangun dua gedung di masa mendatang, sehingga jumlah total gedung di kawasan itu akan menjadi delapan.

Sinar Mas Land Ignesjz Kemalawarta, Direktur Corporate Governance & Sustainability Development PT Sinar Mas Land

Green Office Park memiliki fitur microclimate optimization, green site development, green transport and integrated parking, bahan bangunan ramah lingkungan (eco friendly material), teknologi menghemat energi (energy efficiency technology), indoor healthy, serta sustainable management practice. “BSD Green Office Park merupakan distrik pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi ‘Gold’ Green District dari BCA (Building Construction Authority) Singapura,” Ignesjz menambahkan. Itulah fitur yang disebut Ignesjz sebagai keistimewaan BSD Green Office Park.

Berikutnya, gedung itu memiliki desain façade (muka bangunan) yang dapat menghemat penggunaan energi secara pasif, mengurangi radiasi panas matahari dan micro climate change impact yang masuk ke dalam gedung, serta mengoptimalkan penggunaan cahaya alami. “Desain arsitek itu juga memperlancar sirkulasi udara alami yang masuk ke dalam gedung dan didukung utilitas gedung berteknologi tinggi dalam menunjang efisiensi energi dan kenyamanan bagi penghuninya,” tutur Ignesjz.

Semua bangunan di kawasan ini akan dibangun dengan konsep low rise, yakni memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) sebesar 25-35%, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standar distrik hijau (green district). “Semua komponen desain BSD Green Office Park telah mengikuti semua standar green building internasional, terutama untuk komponen hemat energi, hemat penggunaan air, low carbon emission, serta penghijauan yang didukung green roof,” ia menerangkan.

Fasilitas dan konsep green building BSD Green Office Park ini dilirik perusahaan multinasional, salah satunya PT Unilever Tbk. yang membeli lahan seluas 3 ha di kawasan tersebut. “Mereka membeli lahan di BSD Green Office Park dan membuat sendiri gedungnya, yang tersertifikasi green building dari green mark dan greenship,” ujar Ignesjz lagi. Sejumlah perusahaan lainnya menyewa area perkantoran BSD Green Office Park, yaitu My Republic, IULI (International University Liaison Indonesia), Hongkong Land, Asia Plantasia Indonesia, John Robert Power, dan Purwadhika.

Konsep gedung ramah lingkungan di BSD Green Office Park ini akan diaplikasikan di proyek properti Sinar Mas Land di sejumlah daerah, seperti Medan dan Surabaya. Sinar Mas Land merancang konsep ramah lingkungan untuk dieksekusi oleh perusahaan konstruksi dan penyedia bahan bangunan. Perusahaan ini menggandeng Total sebagai konsultan konstruksi yang berpengalaman menangani proyek properti yang ramah lingkungan. (Riset: Armiadi Murdiansyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)