Survei Rumah.com tentang Properti yang Diminati Milenial

Bagi para developer properti yang saat ini tren menggarap pasar milenial, perlu menyimak hasil survei yang dilakukan Rumah.com belum lama ini.”Salah satu hasil surveinya adalah tentang properti yang diminati para milenial. Kriterianya, harga di bawah Rp750 juta, jenis rumah tapak (landed house) dan lokasi di Jakarta,” jelas Marine Novita, Country Manager Rumah.com di sela pembukaan konferensi "Rumah.com Agent Summit 2018" di Jakarta (12/12/2018).

Unruk menggarap pasar milenial ini, Rumah.com menyarankan kepada para agen properti untuk beralih dari cara-cara marketing konvensional menjadi digital. Maklum, generasi milenial lebih menyukai hal-hal yang bersifat digital, baik saat melakukan survei properti melalui browsing di Internet maupun cara transaksi dengan digital.

Marine mengklaim, Rumah.com selalu mengambil peran aktif untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mencari dan memiliki rumah idaman. Salah satunya dengan kembali mengadakan Rumah.com Agent Summit 2018. Agenda tahunan ini sekarang memasuki tahun keempat dan diadakan di JS Luwansa Hotel, Jakarta.

Rumah.com Agent Summit 2018 akan menyajikan pengetahuan dan beragam informasi berharga bagi para agen properti untuk menghadapi pasar yang semakin menantang di tahun 2019. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kinferensi kali ini memiliki tema yang berfokus tentang bagaimana memasarkan properti di era milenial.

“Event yang berlangsung selama satu hari ini selalu dinantikan oleh para agen properti. Untuk itu, Rumah.com selalu berusaha menghadirkan narasumber-narasumber terbaik dari berbagai bidang. Kami juga share berbagi pengetahuan sekaligus motivasi kepada para agen properti tentang industri properti di tahun depan. Ada banyak sesi diskusi yang dihadirkan seperti potensi dan tantangan profesi agen dalam pasar industri properti. Tema besar Rumah.com Agent Summit 2018 tahun ini adalah Properti Kreatif di Era Milenial,” terang Marine.

Dalam acara tahun ini, hadir berbagai pembicara ternama, mulai dari Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahja Widjayanti; Lukas Bong selalu Ketua Umum DPP AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia); Head of Content Marketing Kumparan, Fahreza Arfian; Founder & CEO Young On Top, Billy Boen; Managing Director North Kingdom, Utara; serta Direktur Utama Xavier Marks, Daniel Sunyoto.

Memasuki tahun depan yang sarat akan nuansa politik, menarik untuk melihat bagaimana pergerakan pasar properti di Indonesia. Menurut Rumah.com Property Outlook 2019, kondisi pasar properti diprediksi akan stabil meski ada pemilihan umum di paruh pertama 2019. Kebijakan pemerintah untuk menjaga sentimen pasar di sepanjang 2018, terutama pasca-Hari Raya dan pengaruh ekonomi global berdampak positif.

Harga dan suplai properti, terutama pada sektor residensial, diperkirakan meningkat pada 2019. Permintaan pasar akan tetap stabil, permintaan untuk properti kelas menengah atas akan meningkat.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index melakukan survei terhadap 1.000 orang di kota-kota di Indonesia. Dari total responden, sebanyak 63% di antaranya berada di golongan generasi milenial, yakni usia 22-35 tahun. Dari total responden milenial ini, sebanyak 51% mengaku masih tinggal di rumah orang tua.

Ketika diminta untuk menyebutkan alasan-alasannya, sebanyak 59% menyertakan 'Belum Menikah' sebagai salah satu faktornya. Alasan lain yang banyak disertakan adalah belum punya uang (53%). Sementara alasan 'Menjaga Orang Tua' dicantumkan oleh 47% responden. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dan merupakan potensi besar bagi para agen untuk bisa menggaet para milenial dengan cara yang berbeda.

Menghadapi konsumen era milenial yang identik dengan kesan serba cepat dan praktis, Ketua Umum DPP AREBI, Lukas Bong, menyebut agen properti harus terus memperbarui skill dan mau belajar. Pemahaman akan dunia digital dan teknologi menjadi syarat wajib yang harus dimiliki.

“Kami harapkan, agenda tahunan Rumah.com Agent Summit dapat memacu lahirnya broker-broker properti yang profesional dan beretika. Pemerintah selaku regulator pun melihat peran penting dari para kantor broker sebagai pencipta lapangan kerja, serta kontributor atas setoran pajak dari sektor properti ke negara,” ungkapnya.

Sebagai solusi terdepan, agen properti dapat memanfaatkan fitur tur 3 Dimensi Matterport yang tersedia di Rumah.com. “Lewat fitur canggih ini, agen properti dapat menunjukkan kepada konsumen seluruh isi rumah maupun apartemen melalui smartphone atau komputer tanpa harus datang ke lokasi. Milenial pasti suka jika ditawarkan properti dengan pendekatan melalui teknologi seperti ini,” jelas Marine.

Menyesuaikan konsumen masa kini yang sangat terbiasa melakukan pengecekan informasi online sebelum melakukan sesuatu, Rumah.com menyediakan konten AreaInsider. Melalui situsnya, Rumah.com memfasilitasi pengunjung agar dapat memperoleh informasi lengkap mengenai sebuah area yang diminati. Mulai luas wilayah, jumlah pusat perbelanjaan, sekolah favorit, rumah sakit unggulan hingga pilihan transportasi yang ada di sekitar rumah incaran.

Rumah.com terus berkomitmen membantu para pencari properti dalam menentukan keputusan pembelian properti melalui informasi data yang tepat dan akurat. Agen properti juga dituntut mengamati perkembangan tren harga properti terkini baik secara wilayah maupun nasional melalui Rumah.com Property Index.

“Untuk agen properti, kami punya fitur Ask Agent yang berkonsep layaknya forum tanya jawab antara agen properti dengan pembeli potensial. Diharapkan agen properti bisa memaksimalkan fitur ini sekaligus bisa jadi wadah untuk menggarap klien baru,” urai Marine.

Marine mengklaim, Rumah.com sebagai portal properti di Indonesia sepenuhnya mendukung agen properti untuk mencapai tujuan bisnis mereka dengan market share mencapai 46%. Apalagi tiga kali eksposur di Rumah.com, Rumahdijual.com dan Liputan6.com, akan mampu meningkatkan prospek penjualan hingga 27% di 2018.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)