Begini Cara Matahari Genjot Penjualan di Bulan Ramadhan

Christian Kurnia Merchandising & Marketing Director PT Matahari Department Store (kiri) dan Tommy Singgih Director MasterCard Indonesia (kanan)

Christian Kurnia Merchandising & Marketing Director PT Matahari Department Store (kiri) dan Tommy Singgih Director MasterCard Indonesia (kanan)

Libur Lebaran dan sekolah menjadi magnet utama konsumen untuk berbelanja. Menurut Christian Kurnia, Merchandising & Marketing Director PT Matahari Department Store Tbk, libur Lebaran mampu menaikkan penjualan Matahari hingga 25%.

Tahun 2015 total transaksi selama libur Lebaran mencapai Rp 4 triliun, sehingga pada kuartal I tahun 2016 Matahari mampu tumbuh 9,4%.

Menurutnya, setiap tahun ada 4 event besar yang mampu menyumbang kenaikan penjualan pada ritel dengan 146 toko di seluruh Indonesia ini. Selain Lebaran, ada libur sekolah, akhir tahun (natal dan tahun baru) serta Imlek. Namun dari total keseluruhan, Lebaran menyumbang angka lebih banyak.

Untuk meningkatkan angka penjualan, Matahari bekerja sama dengan MasterCard dan BCA meluncurkan kartu kredit Master Card BCA pada dua minggu lalu. Selain itu mereka juga menjalankan kerja sama rutin yang telah dilakukan selama 5 tahun ini.

Kerja sama ini diharapkan mampu menaikan penjualan matahari dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kerjasama ini diperuntukan untuk para pemegang kartu Matahari Club Card (MCC) sekaligus kartu kredit maupun debit MasterCard atau pemegang kartu kredit Master Card BCA.

Berbagai promosi yang diberikan mampu menghadirkan antusiasme konsumen untuk berbelanja. Tahun lalu total transaski mencapai 1,5 juta, khusus untuk para pemiliki kartu Master Card dan MCC Club. Tahun ini Christian berharap penjualan dapat melampuai angka tersebut, mengingat libur Lebaran dan sekolah jatuh pada waktu yang berdekatan.

Untuk menyiasati hal itu, kegiatan kerja sama ini dilakukan dalam waktu dua bulan dari tanggal 10 Juni hingga 31 Agustus 2016. Konsumen yang berbelanja minimal Rp 500.000 dapat memperoleh kupon lucky draw untuk berlibur ke Hong Kong, Jepang, dan Eropa. Selain itu tersedia juga hadiah tanpa diundi dengan ketentuan berbelanja atau menjadi member baru MCC.

Semua penawaran ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan melalui kartu debit maupun kartu kredit. Menurut Tommy Singgih, Director MasterCard Indonesia, kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia harus diubah. Salah satunya berbelanja menggunakan kartu dan tidak lagi menggunakan cash.

Kerja sama ini diharapkan mampu mengubah pola pikir tersebut, sehingga masyarakat mulai banyak menggunakan kartu mereka. Menurutnya kerjasama dilakukan dengan Matahari karena gerai Matahari yang mampu menembus berbagai kota baik besar maupun kecil di seluruh Indonesia.

Saat ini Matahari telah tersebar di 68 kota di Indonesia dengan jumlah member MCC 3,3 juta orang. Tahun ini matahari telah menambah 4 gerai dan akan menambah 3 toko lagi, selain itu Matahari juga memiliki market share 42,8% di industri retail. Angka-angka ini diharapkan Tommy bisa mengubah pola perilaku dan kebiasaan masyarakat untuk mulai bertransaksi menggunakan pembiayaan elektronik.

Ke depannya, diharapkan transaksi menggunakan kartu MasterCard pada event ini bisa meningkat melebihi 1,5 juta transaksi. Christian pun cukup optimis, meski momen saat ini bertepatan dengan dua liburan sekaligus. Namun melihat perilaku konsumen dan bagusnya penjualan di awal bulan Juni, dia berharap akan adanya peningkatan penjualan. (EVA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read more:
Indomaret Genjot Loyalitas Pelanggan dengan Mudik Bareng

Tahun ini untuk ke tujuh kalinya PT Indomarco Prismatama -pengelola minimarket Indomaret- menggelar Mudik Bareng. Jumlah peserta Mudik Bareng Bersama...

Close