Dompet Dhuafa Targetkan Dana Rp99 Miliar Selama Ramadhan

Menyambut bulan suci Ramadhan yang semakin dekat, lembaga zakat Dompet Dhuafa menggelar rangkaian program untuk menghimpun dana yang selanjutnya akan disalurkan kepada para penerima manfaat. Program yang akan dilakukan pada bulan Ramadhan 1437 Hijriyah ini mencakup berbagai bidang, mulai dari ekonomi, kesehatan, relief, pendidikan dan dakwah.

20160525_143516-640x480“Seiring ekonomi yang terus bertumbuh, maka Dompet Dhuafa juga akan semakin tumbuh karena orang akan semakin banyak yang sadar dan tergerak hatinya untuk meningkatkan amalnya melalui zakat, infak, sedekah dan wakaf,” kata Ahmad Juwaini, Presiden Direktur Dompet Dhuafa.

Pihaknya  optimism target tercapai dalam program Ramadhan tahun ini. “Dari segi penghimpunan dana, tahun 2013 (Januari-Desember) kami berhasil menghimpun dana sebesar Rp 243 miliar. Tahun 2014 Rp 258 miliar, dan di tahun 2015 (Januari-Desember) total dana yang berhasil dihimpun Rp 267 miliar. Sedangkan untuk program khusus Ramadhan tahun ini kami menargetkan dapat menghimpun dana sebesar Rp 99 miliar, ” paparnya.

Penentuan besaran target penghimpunan dana Dompet Dhuafa pada Ramadhan 2016 ini diambil dan terinspirasi dari jumlah Asmaul Husna dalam ajaran Islam yang berjumlah 99. Dari jumlah dana yang ditargetkan tersebut, Dompet Dhuafa menargetkan dapat menyalurkannya pada 200.000 penerima manfaat melalui puluhan program.

Program Ramadhan tahun ini, Dompet Dhuafa mengangkat tema kampanye Zakatnesia. Melalui kampanye ini, Dompet Dhuafa berupaya untuk mengedukasi masyarakat terkait kekuatan zakat bagi pengentasan kemiskinan. Sejak berdiri di tahun 1993 hingga akhir 2015, penerima manfaat berbagai program sosial dan pengentasan kemiskinan Dompet Dhuafa telah mencapai 12.665.068 jiwa. Jumlah tersebut tersebar di 34 provinsi di indonesia dan 31 negara.

Untuk memberikan kemudahan dan inovasi layanan donasi bagi masyarakat, Dompet Dhuafa menghadirkan kemudahan untuk menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf melalui kanal perbankan, QR Code, e-Money dan 90 counter di beberapa mall, perkantoran, pusat belanja, stasiun kereta dan seluruh jaringan Hypermat dan Matahari Indonesia.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga bekerja dengan e-commerce yang tengah marak di kalangan masyarakat Indonesia. kerja sama tersebut antara lain dengan Uber berupa  afiliasi marketing. Setiap menggunakan kode voucher uberdiompetdhuafa, maka sebesar Rp 30.000 akan didonasikan ke Dompet Dhuafa. Sedangkan untuk Elevania, yaitu berupa donasi parsel lebaran.

“Kami juga menyediakan layanan jemput zakat. Akan ada 10 orang tim kami yang akan menjemput zakat ke rumah-rumah orang yang ingin membayar zakat. Sehingga masyarakat dapat semakin mudah membayar zakat,” kata Boy Mareta, ketua panitia program Ramadhan. (EVA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read more:
Sambut Ramadhan, PHRI Gelar Promo Hore Vaganza

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin gemar bepergian, semakin banyak travel agent, maskapai dan hotel yang memberikan...

Close