Indomaret Genjot Loyalitas Pelanggan dengan Mudik Bareng

Tahun ini untuk ke tujuh kalinya PT Indomarco Prismatama -pengelola minimarket Indomaret- menggelar Mudik Bareng. Jumlah peserta Mudik Bareng Bersama Indomaret 2016 mengalami peningkatan. Bila tahun lalu minimarket terbesar di Indonesia ini memberangkatkan sekitar 9.800 orang, tahun sekitar 10.010 orang pelanggan dan UMKM yang membuka kios di depan gerai Indomaret, ke berbagai kota di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Selain itu tahun ini Indomaret juga menambah 3 kota keberangkatan yaitu Pontianak, Balikpapan dan Denpasar.

Menurut Gondo Sudjoni, Commucation Executive Director PT Indomarco Prismatama, acara Mudik Bareng ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar Indomaret dengan menggandeng beberapa mitranya seperti Bank Mandiri, Citilink, Mizone, Milo, Bintang Tanggo, Teh Botol, OBH Combi, Kraft, Happytos, Bodrex, Madu Nusantara dan lain-lain. Apalagi kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan CSR yang dilakukan Indomaret.

Gondo menambahkan Program Mudik Bareng Indomaret (MBI), sebagai apresiasi Indomaret bagi konsumennya untuk meningkatkan loyalitasnya. Karena untuk mengikuti program ini, hanya konsumen pemegang Indomaret Card dan Debit Mandiri sebagai syarat dan nilai belanja tertentu di Indomaret dalam periode 15 Mei – 16 Juni 2016.

Untuk mendapatkan tiket MBI cukup simpel persyaratannya. Dengan Indomaret Card atau Kartu Debit Mandiri untuk mendapatkan tiket kapal laut, konsumen cukup belanja Rp 300 ribu, sedangkan tiket bus untuk belanja Rp 350 ribu, tiket kereta kereta api Rp 500 ribu dan tiket pesawat Rp 750 ribu. Sedangkan 108 UMKM tiket diberikan gratis.

mudik indomaret

Dari 10.010 pemudik, sekitar 5.015 pemudik menggunakan 85 bus berangkat dari pelataran Plaza Selatan Geloro Bung Karno, Senayan (1 Juli) dilepas oleh Djarot Saiful oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Gondo Sudjoni Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama dan Nanda Sandaya Vice President Transaction Banking & Ritel Bank Mandiri.

Pada saat bersamaan dari Bandara Halim Perdana Kusuma diberangkatkan 200 orang dengan pesawat Citilink dengan tujuan Semarang dan Yogyakarta. Untuk pelepasan pemudik ini dilakukan oleh Wiwiek Yusuf Direktur
Pemasaran PT Indomarco Prismatama dan Hans Nugroho Direktur Niaga Citilink.

Sedangkan 600 pemudik yang menggunakan kereta api diberangkatkan Kamis malem (30/6) dari Stasiun Pasar Senin, Jakarta Pusat, dengan tujuan Jogjakarta. Sebelumnya (Minggu 26/6) Indomaret juga memberangkatkan 100 pemudik dari Makassar menuju Surabaya. Dan juga 100 orang dari Pelabuhan Dwi Kota, Pontianak ke Surabaya dan 100 pemudik dari Pelabuhan sama yang dari Balikpapan.

Sedangkan sisanya 3.895 pemudik diberangkatkan dengan bus dari Malang, Surabaya, Bali dan Bandar Lampung dengan kota tujuan Purwokerto, Jogjakarta, Tegal, Semarang, Jember, Banyuwangi, Trenggalek, Kertosono dan Sumenep.

Menurut Nanda Sandaya Vice President Transaction Banking & Ritel Bank Mandiri, sebagai mitra Indomaret mengakui dengan adanya program ini nilai belanja pemegang Indomaret Card dan Kartu Debit Bank Mandiri meningkat 2-3 kali lipat. Saat ini pemegang Indomaret Card terus bertambah, bila saat ini jumlahnya sekitar 3,2 juta, tahun depan ditargetkan menjadi 4 juta.

“Ini merupakan program untuk memberikan benefit pada konsumennya, agar tetap loyal menggunakan kartu debit. Untuk program mudik kami hanya bekerjasama dengan Indomaret,” kata Nanda.

Terkait perkembangan gerai Indomaret, Menurut Gondo, bila akhir tahun lalu jumlah gerainya sekitar 12.000 gerai, hingga saat ini jumlahnya mencapai 13.100 gerai dan ditargetkan hingga akhir tahun 2016 akan menjadi 14.000 gerai. “Tahun 2017, kami menargetkan bertambah sekitar 1.700-2.000 gerai,” katanya. Dari total gerai yang dimiliki 32% dimiliki investor dan 68% dikelola sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 6 =