Genjot Penjualan Melalui Program “Hebatnya Punya Honda”

Hari raya Idul Fitri segera tiba. Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, kalau Lebaran banyak yang mudik. Nah, bagi pemudik yang menggunakan mobil, khususnya merek Honda, maka PT Honda Prospect Motor (HPM) menyiapkan program khusus selama Ramadhan baik untuk penjualan maupun layanan purnajual. Nama program “Hebatnya Punya Honda” yang  dirancang untuk mempermudah konsumen membeli produk Honda, sekaligus meringankan biaya operasional selama menggunakan mobil Honda.

Melalui program ini, konsumen dapat memilih skema paket pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, yaitu:
1. Gratis perawatan berkala 3 tahun*,
2. DP rendah Rp 20 juta*,
3. Cicilan ringan mulai dari Rp 1 juta/ bulan*,
4. Bunga 0% hingga 6 bulan*,
5. Tenor hingga 8 tahun*.
*syarat dan ketentuan berlaku.

Selain program penjualan, Honda juga menyiapkan layanan purnajual baru, yaitu Paket Cermat Mini untuk menjawab kebutuhan masyarakat atas program purnajual yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas. Paket Cermat Mini adalah program perawatan berkala yang memiliki jangka waktu 1 tahun, yang dapat dibeli konsumen setelah mobilnya mencapai 3 tahun atau 30.000 km dan dapat diperpanjang hingga tahun ke-5 setelah pembelian kendaraan atau hingga kendaraan menempuh jarak 100.000 km.

Paket Cermat Mini merupakan pengembangan dari Paket Cermat (Cerdas-Hemat) yang telah diperkenalkan sebelumnya, dimana tersedia pilihan paket perawatan berkala 3 tahun / 50.000 km dan 6 tahun / 100.000 km.

Honda menghadirkan Paket Cermat Mini, agar para konsumendengan odometer kendaraan yang tinggi (diatas 30.000 km) ataupun sudah pernah membeli paket cermat 1 (paket perawatan berkala 3 tahun) tetap dapat menikmati layanan purnajual yang terpercaya dari dealer resmi Honda.

Seperti pada paket Cermat sebelumnya, keuntungan yang diperoleh pengguna Paket Cermat Mini adalah harganya yang lebih terjangkau, pilihan paket lebih bervariasi, kendaraan yang selalu prima serta bonus voucher Rp100 ribu untuk penggantian ban atau aki. Saat ini Paket Cermat Mini tersedia untuk Honda Mobilio dan Honda Brio. Paket Cermat Mini akan mulai tersedia untuk konsumen di seluruh Indonesia pada 1 Agustus 2016.

Paket Cermat ini semakin melengkapi layanan purnajual Honda kepada konsumen, di mana sebelumnya telah tersedia berbagai program seperti Extended Warranty yang merupakan perpanjang masa garansi selama 5 tahun, serta Experience Honda yang merupakan layanan darurat 24 jam / 7 hari seminggu untuk konsumen Honda yang mengalami masalah dengan mobilnya di perjalanan.

Sejak tahun 2015, Honda juga menyediakan aplikasi Honda e-Care yang memudahkan konsumen mengakses berbagai layanan purnajual Honda, seperti menemukan lokasi dealer, menghubungi layanan Experience Honda dan sebagainya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di AppStore maupun Google Play.

“Honda ingin menghadirkan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen, tidak hanya pada saat mereka pertama kali membeli mobil, namun juga ketika mereka telah menggunakannya selama bertahun-tahun. Kami percaya berbagai program penjualan dan layanan purnajual yang kami siapkan akan memberikan nilai lebih bagi konsumen ketika memilih produk Honda,” ungkap Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor.


Penjualan semester I tahun 2016

Memasuki akhir semester I tahun 2016, pasar otomotif di Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan yang stagnan, turun sekitar 0,6%dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Meskipun demikian, penjualan Honda dari Januari sampai Mei 2016 justru meningkat 36% dibanding periode yang sama di tahun lalu,sekaligus merupakan pertumbuhan penjualan yang tertinggi di antara 5 besar merek otomotif di Indonesia.

Tercatat Honda telah mengumpulkan penjualan sebesar 90.190 unit dan diperkirakan akan menutup semester pertama di tahun ini dengan melampaui penjualan 100.000 unit. Honda juga berhasil meningkatkan pangsa pasarnya, yaitu dari 15% di akhir tahun 2015 menjadi 20,5% di akhir Mei 2016.

Penjualan Honda di paruh pertama tahun ini terutama didukung oleh kontribusi produk terbarunya, yaitu Honda BR-V. Model Crossover SUV yang memulai pengirimannya ke konsumen pada bulan Januari 2016 ini menyumbang 30% dari penjualan Honda atau sebesar 27.085 unit hingga Mei 2016.

Selain Honda BR-V, model utama lainya seperti Honda HR-V dan Honda Mobilio juga memberi kontribusi signifikan terhadap penjualan Honda. Honda HR-V menyumbang 21% dari total penjualan (21.142 unit) sementara Honda Mobilio menyumbang 20% dari total penjualan Honda (20.425 unit).

Untuk mendukung penjualannya dan meningkatnya kebutuhan layanan purnajual, pada tahun ini Honda juga juga secara aktif menambah jaringan dealer yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Sampai saat ini,Honda memiliki 180 dealer yang terdiri dari dealer 3S dan 3S cabang pembantu. Dalam 6 bulan pertama di tahun 2016, Honda telah meresmikan 10 dealer baru yang tersebar di seluruh Indonesia. Ditargetkan Honda akan memiliki 200 dealer yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia pada akhir 2016.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan, pPertumbuhan penjualan Honda didukung dengan penjualan yang memuaskan dari produk-produk utama, terutama Honda BR-V, Honda HR-V dan Honda Mobilio. Dengan berbagai produk baru yang baru memulai masa pengirimannya di bulan Mei lalu seperti Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan All New Honda Civic Turbo, tren positif ini dapat dipertahankan di paruh kedua tahun ini.

“Ditambah lagi, berbagai program penjualan dan purnajual yang menarik selama Ramadhan, kami percaya ini adalah saatnya konsumen memiliki mobil berkualitas dengan pembiayaan mudah serta paket perawatan yang meringankan sekaligus menjamin mobil selalu dalam kondisi prima,” kata Jonfis. (EVA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 18 =