Business Research

Survei Manulife: 42% Investor Belum Merencanakan Masa Pensiun

Survei Manulife: 42% Investor Belum Merencanakan Masa Pensiun

Secara umum dan tanpa disadari, jumlah populasi yang memasuki usia tua di Indonesia berlangsung cepat. Mereka perlu ditanamkan sejak awal mengenai pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan. Baik untuk kebutuhan maupun mempertahankan gaya hidup. Pendapat tersebut diungkapkan oleh Putut E. Andanawarih, Director of Business Development PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

“Rasanya tidak realistis mengharapkan sebagian besar pendapatan di masa pensiun dari hasil investasi. Tetapi mereka yang ingin mengejar ketertinggalan dalam menyiapkan dana masa pensiun, dapat berinvestasi secara regular di reksa dana saham,“ tambahnya.

Pendapatnya di atas bukan tanpa data. Hasil survei yang diadakan Manulife pada bulan April hingga Mei 2015 mengenai Manulife Investor Sentiment Index (MISI), menunjukkan bahwa investor yang berusia lebih tua di Indonesia, belum memiliki kesiapan di masa pensiun dan memiliki harapan yang tidak realistis tentang kondisi keuangan mereka.

wwwbpjsketenagakerjaan.go.id

Sumber Foto: www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Hasilnya 94 persen berharap akan memiliki dana cukup untuk di hari tua, walaupun 42 persen belum membuat perencanaan. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan persentase investor yang berusia lebih muda yang belum memiliki perencanaan keuangan untuk masa pensiun, yaitu sebesar 30 persen.

Mengapa ? Karena investor berusia muda tidak berharap terlalu banyak bahwa pendapatan pensiun mereka nanti adalah hasil dari investasi. Preferensi mereka yang cenderung menyimpan aset dalam bentuk tunai menjadi salah satu faktor yang mungkin berpengaruh. Data menunjukkam sebesar 46 persen investor muda tersebut memepertahankan uang tunai karena takut membuat keputusan investasi yang tidak tepat. Sedangkan investor berusia tua hanya sekitar 37 persen.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa semua investor, terlepas dari faktor usia, tertarik untuk mencari edukasi lebih lanjut mengenai perencanaan investasi dari pemerintah maupun industry keuangan. Menurut Nur Hasan Kurniawan, Senior Vice President & Chief of Employee Benefits dari Manulife Indonesia, investor yang lebih tua dapat melihat investor yang lebih muda dalam hal membuat kemajuan dengan berinvestasi dalam program pensiun sukarela . Selain itu dapat menambah dari sumber lain yaitu ekuitas dan invetasi pendapatan tetap. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved