Management Strategy

OJK Yakin Target Kredit Tercapai

Oleh Admin
OJK Yakin Target Kredit Tercapai

Kepala Esekutif Pengawasan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan Nelson Tampubolon masih optimistis pertumbuhan kredit bisa menembus 13 persen di akhir 2015. Target ini sejalan dengan Rencana Bisnis Bank (RBB), yaitu berada di kisaran 13-15 persen. “Ya saya rasa masih bisa pertumbuhannya di atas 13 persen,” katanya saat ditemui di Jakarta, Rabu 16 September 2015.

Menurut Nelson, meski perekonomian sempat melambat beberapa waktu terakhir, pemerintah telah berupaya sebaik mungkin untuk kembali menggerakkan perekonomian nasional. “Di minggu-minggu terakhir ini mulai keliatan, kredit kita sudah mulai naik.”

ojk

Nelson menambahkan pengeluaran pemerintah baik untuk belanja modal ataupun belanja rutin juga perlu ditingkatkan. Hal ini diperlukan untuk terus menjaga pertumbuhan kredit berada di angka positif. “Kalo pengeluaran bisa dipush dalam 3,5 bulan kedepan saya rasa masih bisa tercapai 13-15 persen,” kata dia.

Terkait dana pihak ketiga di perbankan, Nelson berkata, jumlahnya memang tengah melimpah. Tingkat loan to deposit ratio (LDR) juga masih aman berada di bawah batas atas, 92 persen. “Jadi bank-bank mungkin sekarang strateginya ada yang menurunkan suku bunga, jadi itu nggak masalah. Masih ada kelonggaran cukup banyak,” ujarnya.

Tempo


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved