Marketing Strategy

Kiat Danamon Bawa Pasar Naik Kelas

Kiat Danamon Bawa Pasar Naik Kelas

Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) melalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantara menggelar Festival Pasar Rakyat sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional (pasar rakyat) di Indonesia.

Festival Pasar Rakyat kembali diselenggarakan di Pasar Ngasem di Kota Yogyakarta, yang merupakan keempat kalinya Festival Pasar Rakyat dilaksanakan sekaligus untuk turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ke-259.

“Keberadaan pasar rakyat sering luput dari perhatian kita. Pasar rakyat merupakan aset bangsa yang besar nilai dan perannya. Selain penyedia kebutuhan masyarakat, pasar juga membuka lapangan pekerjaan dan menghidupkan perekonomian lokal,” ujar Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Turut hadir, Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta; GKR Pambayun, Ketua DPW APPSI (Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) DIY; Sng Seow Wah, Direktur Utama Danamon; dan Irwan Yoga, Regional Corporate Officer Danamon Kantor wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Foto 2 Pemenang Kirab

Festival Pasar Rakyat yang digelar di 12 kota di Indonesia, merupakan wujud nyata upaya Danamon mendukung promosi pasar. Sejauh ini, Pasar Festival Rakyat telah diselenggarakan di Pasar Rau, Serang-Banten, Pasar Kembang, Surabaya-Jawa Timur dan Pasar Baru, Kota Probolinggo-Jawa Timur.

Untuk kegiatan promosi Pasar Rakyat, Danamon Peduli memberi dukungan lebih dari Rp 1 miliar untuk perbaikan fisik pasar dan pengembangan pengetahuan pengelolaan keuangan para pedagang. “Kami juga meneken MoU dengan Pemkot Jogja dalam program revitalisasi pasar rakyat sebagai pasar percontohan,” kata Restu.

Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas Danamon Peduli saat ini merupakan satu-satunya gerakan yang secara khusus mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. Danamon Peduli ingin menunjukkan pasar rakyat merupakan ruang publik yang kreatif, edukatif dan berbudaya, tak sekadar tempat transaksional semata.

Untuk mengimbau golongan muda dan masyarakat mengambil peran dalam kegiatan Festival Pasar Rakyat ini, Danamon Peduli memfasilitasi lomba foto bertema kuliner pasar untuk pelajar dan mahasiswa, lomba masak, lomba melukis tong sampah, lomba lukis caping, panggung hiburan dengan aneka hadiah serta talkshow dan kegiatan literasi keuangan untuk komunitas pasar.

Wakil Direktur Utama Danamon, Muliadi Rahardja menjelaskan pentingnya fungsi pasar di dalam perekonomian, Danamon Simpan Pinjam (DSP), unit usaha mikro Danamon, berkomitmen membantu perkembangan usaha para pedagang pasar melalui layanan perbankan yang mudah dijangkau.

“Dengan pengalaman lebih dari 11 tahun bermitra dengan para pedagang pasar, kami sadar fungsi kami melalui Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyentuh para pedagang pasar sebagai nasabah saja namun juga merangkul sebagai penggerak perekonomian,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved