Toilet di Bandara Soetta Paling Bersih
Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai bandara dengan toilet terbersih di Indonesia. Pada Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara Internasional/Nasional Tahun 2015, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) sukses berada di Peringkat I dengan perolehan nilai 85,18.
Bandara di bawah lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero) lainnya yang juga berhasil meraih penghargaan di ajang tersebut adalah Kualanamu Medan di Peringkat III, lalu Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang di Peringkat IV, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru di Peringkat V, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang di Peringkat VI, Sultan Iskandar Muda Aceh di Peringkat VIII, Halim Perdana Kusuma Jakarta di Peringkat IX, Supadio Pontianak di Peringkat XIII, dan Minangkabau Padang di Peringkat XIV.
“Penghargaan yang diraih bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II ini menjadi pemacu kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pemangku kepentingan termasuk pengguna jasa bandara khususnya dalam hal kebersihan toilet untuk mendukung terciptanya lingkungan sehat dan higienis,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi dalam rilisnya
Dengan semakin baiknya pelayanan diantaranya dengan menyediakan toilet bersih di setiap bandara, dia yakin indeks daya saing pariwisata Indonesia akan terus naik. Oleh sebab itu, fokus AP II diantaranya adalah peningkatan kebersihan dan kenyamanan di bandara-bandara yang dikelola perusahaan. Target berikutnya adalah seluruh bandara AP II yang berjumlah 13 bandara dapat meraih penghargaan pada ajang serupa di tahun mendatang
Adapun penilaian pada ajang penghargaan ini dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari perwakilan Asosiasi Toilet Indonesia, Pemerhati Lingkungan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Peneliti Pariwisata, dan Forum Wartawan Pariwisata. Peringkat bandara ditentukan berdasarkan salah satunya penilaian terhadap kondisi dan kelengkapan toilet di bandara yang mendukung faktor kesehatan dan higienis.
“Pengawasan atau monitoring adalah salah satu faktor penting dalam bidang kebersihan di bandara termasuk kebersihan toilet, sehingga AP II akan memastikan bahwa hal tersebut dilakukan secara mendetail guna menjaga level pelayanan dan juga dapat menjadi dasar untuk meningkatkan pelayanan ke depannya,” kata Director of Airport Services PT Angkasa Pura II (Persero) Ituk Herarindri.
Berikut secara lengkap nilai yang berhasil diperoleh bandara-bandara di bawah lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero) dalam Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara Tahun 2015: