Corporate Action Corporate Action

Investasi AEON Mall Sentul City Dialokasikan Rp1,2 Triliun

C. Press Con

Setelah membangun mall pertama di kawasan BSD City, AEON Mall akan memperlebar sayapnya di Sentul CIty. PT Sentul CIty Tbk dan PT AEON Mall Indonesia mengumumkan bahwa keduanya telah menyetujui perjanjian sewa menyewa jangka panjang mengenai pembangunan AEON Mall di Sentul City. Perjanjian ini disetuji pada 25 September 2015 silam. Perjanjian jangka panjang ini berisi Sentul City akan membuat mall seluas 100.000 m2 dan menyewakannya kepada AEON selama 20 tahun. AEON yang ada diposisi penyewa memiliki kewenangan dalam pengelolaan dan operasi mall tersebut.

AEON Mall Sentul City akan berada di kawasan Central Business District (CBD) di Sentul City. Area CBD ini memiliki luas 8 hektar, dan 430.000 m2 akan dibangun superblock. Sentul City akan membangun 4 tower apartemen, 1 gedung perkantoran, dan 1 hotel berbintang lima yang akan berdampingan langsung dengan mall.

Nantinya, akan ada AEON 1 dan AEON 2 yang akan terhubung oleh jembatan. AEON 2 ini akan ada superblock 2. Pembangunan superblock 1 dimulai sejak Rabu, 28 Oktober 2015 dan pembangunannya akan berkelanjutan. Untuk AEON Mall 1 sendiri dipastikan sudah bisa beroperasi di tahun 2018.

Mengenai konsep AEON Mall nya sendiri, mengikuti spesifikasi seperti di AEON di Jepang sperti aka nada roof garden, pengelolaan udara, sistem daur ulang air, dan lain-lain. Menyasar kelas menengah dan menengah ke atas, pihak AEON memperkirakan akan ada 250 tenant yang akan menyewa tempat dan pihaknya juga akan memboyong beberapa tenant dari Jepang.

Saat ini AEON Mall terdapat 3 lokasi, pertama di BSD City, kedua di Jakarta Garden City (sedang dibangun), dan ketiga di Sentul City. Kedepannya, AEON menargetkan akan ada 10 mall di Indonesia. Lokasi AEON Mall yang ada di sub-urban dan jauh diperkotaan merupakan salah satu startegi yang diterapkan oleh PT AEON Mall Indonesia. “Konsep ini kami pakai di Jepang dan kami coba terapkan di Indonesia. Tujuannya untuk menggaet konsumen yang lebih besar lagi,” ujar Chiba Seiichi, Chief ASEAN Business Officer AEON Mall Co. Saat ini, AEON telah membangun 150 mall di Asia.

Investasi untuk membangun superblock 1 adalah Rp 3 triliun dan untuk investasi AEON Mall sendiri berkisar Rp 1,2 triliun.

Dengan adanya AEON Mall di superblock ini, Sentul City diharapkan akan menjadi kota yang mandiri yang masyarakatnya dapat tinggal, belajar, dan juga bekerja di satu kawasan. Sentul City masih memiliki 1.800 hektar lahan yang masih dikembangkan lagi.

“Dengan rasio penghijauan 60% di Sentul City, kami menjadi acuan pengembang lain untuk menawarkan kualitas hidup premium, pembangunan yang inovatif dan berkelanjutan dan melayani kebutuhan masyarakat,” ujar Keith Steven Muljadi, CEO PT Sentul City, Tbk. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved