Technology

21Express Kembangkan Platform Web API

21Express Kembangkan Platform Web API

Menjawab tantangan perusahaan besar dan menengah akan kebutuhan informasi real time sistem distribusi dan logistik secara menyeluruh, 21Express mengembangkan platform web API distribusi supply chain hulu hilir bagi semua pelanggan korporasi dan usaha menengah.

Sistem ini memungkinkan perusahaan pelanggan 21Express untuk menghubungkan sistem server perusahaan pelanggan dengan sistem server 21Express untuk saling berkomunikasi dan mengurangi pekerjaan manual serta menghindari kemungkinan adanya entri ganda (double entry).

th

Fungsi lain sistem ini dapat menyederhanakan proses pengiriman dan distribusi barang di perusahaan sehingga keseluruhan jaringan bekerja lebih efektif dan efisien.

Fany Wyadi, Managing Director PT Globalindo 21Express, menyatakan sebagai perusahaan pengiriman yang bermitra dengan perusahaan besar, sistem ini nantinya akan memudahkan dalam menghitung biaya pengiriman.

“Sistem Web API yang kami kembangkan ini memudahkan perusahaan-perusahaan tersebut untuk dapat berkomunikasi dengan kantor kami untuk memperoleh informasi mengenai perhitungan harga, destinasi, informasi status barang yang dikirim kapan saja, bahkan di luar jam kantor sekalipun,” jelasnya.

Umumnya fasilitas seperti ini hanya diberikan kepada pelanggan-pelanggan perusahaan besar yang memiliki billing pengiriman bernilai tertentu. Namun 21Express juga membuka fasilitas ini bagi pelanggan perusahaan skala menengah karena menyadari pesatnya pertumbuhan industri e-commerce seperti sekarang ini, banyak perusahaan skala menengah yang mulai membuka jasa layanannya nyaris 24 jam.

Rido Kristian, Manager IT PT Globalindo 21Ekspress, mengatakan, “Kami membangun sistem ini secara swadaya dari awal, karena perusahaan melihat peluang dan kebutuhan yang diharapkan oleh pelanggan. Sistem ini dapat mengurangi tingkat kesalahan data entry dan meningkatkan efisiensi kerja baik di kantor pelanggan perusahaan maupun di kantor 21Express sendiri. Bila dilakukan manual mungkin dibutuhkan waktu 1 jam untuk mendapatkan data yang diperlukan, dengan sistem web API ini informasi dapat diperoleh dalam waktu 10 menit saja,” tutupnya.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved