Management Strategy

Ubah Cara Pandang Asuransi, FWD Gunakan Pemasaran Daring

Ubah Cara Pandang Asuransi, FWD Gunakan Pemasaran Daring

Sebagai pemain baru di Industri asuransi di Indonesia, PT FWD Life Indonesia terus berusaha merebut hati konsmen. Itulah sebabnya sejak hadir tahun 2014, FWD terus melakukan terobosan dan inovasi guna mengubah cara pandang masyarakat mengenai asuransi yang dianggap masih ribet dan merepotkan.

Rudi Kamdani, Presiden Direktur FWD

Rudi Kamdani, Presiden Direktur FWD

Menurut Rudi Kamdani, Presiden Direktur FWD, sejak awal pihaknya telah mengembangkan pemasaran daring sebagai salah satu strategi utama dalam memperkenalkan dan memasarkan brand FWD Life di Indonesia, seperti kampanye bebaskan langkah yang mendapat respon yang cukup baik dari netizen.

“Kami yakin bahwa pendekatan ini akan berhasil karena kami melihat bahwa internet merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini,” terang Rudi kepada SWA Online belum lama ini di Jakarta.

Menurut anggota Komite Pembentukan Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) itu, dalam proses pemasaran online, sejak tahun 2013-2015, sebesar RP 150 miliar dana yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan infrastruktur teknologi dan digital.

Pengalaman Rudi selama 20 tahun berkecimpung di dunia asuransi mengasah kejelian tersendiri dalam menggarap pasar asuransi di Indonesia yang penetrasinya masih sangat rendah. Untuk itu, peraih gelar gelar MBA dari Marymount University, Arlington, Virginia, USA itu melakukan pendekatan yang berbeda dalam menjaring nasabah.

Teknologi dan inovasi digital adalah cara Rudi mencapai target nasabah hingga 15.000 hingga akhir tahun ini. Teknisnya dengan perbaikan jalur distribusi yang didukung oleh teknologi terintegrasi dan hubungan nasabah yang didukung prasana digital. Dengan begitu, FWD dapat menyediakan kemudahan dan transparansi dalam layanan yang diberikan bagi nasabah.

“Cara seperti ini mampu memberikan pengalaman berasuransi yang simple,mudah, nyaman dan transparan bagi para nasabah kami di Indonesia. Di FWD Life, kami memberikan kemudahan bagi para agen untuk memfasilitasi proses pembelian dan administrasi polis melalui penggunaan tablet selama 24 jam dalam seminggu,” jelas pria yang mengawali karier pertamanya di PT Asuransi Jiwa Principal Indonesia.

Platform penjualan tanpa kertas dari FWD Life diklaim Rudi sebagai platform pertama digital di pasar asuransi jiwa Indonesia. Selain itu, FWD Life juga meluncurkan iFWD Liberate (www.ifwd.co.id) yang juga menawarkan akses yang mudah terhadap berbagai produk asuransi secara online kepada nasabah hanya dalam hitungan menit, kapan pun dan di mana pun.

Rudi mengaku, berkat support dari tim managemen yang solid dan berpengalaman serta dukungan penuh dari perusahaan Induk (FWD Group) mempermudah FWD Life untuk berlari kencang memperkenalkan produk-produk inovatifnya di pasar Indonesia.

Hal tersebut dapat dilihat sejak 2 tahuun beroperasi di Indonesia, FWD Life telah menghadirkan berbagai produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, asuransi berjangka individu dan kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi terintegrasi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi.

Contohnya produk yang ditawarkan melalui jalur e-commerce adalah, iFWD Liberate, terdapat dua produk unggulan, yakni Bebas Rencana yang masa asuransinya dapat diperpanjang hinngga usia nasabah mencapai 80 tahun. Kedua Bebas Aksi yang memberikan uang pertanggungan hingga Rp 1 miliar. Termasuk perlindungan bagi passionate people yang memiliki hobi olahraga ekstrem di seluruh dunia.

Bagi Rudi, jumlah 12.000 nasabah yang telah bergabung saat ini belum lah mencukupi target. Ia berambisi pada tahun 2017 dapat menjaring sebanyak 1 juta nasabah terutama untuk segmen anak muda. Untuk itu, pihaknya tengah melakukan berbagai upaya guna mendekatkan diri pada anak muda.

“Kami menjadi official sponsor PERSIB Bandung dan menjadi main sponsor pada perhelatan akbar Piala Presiden 2015.,” jelas Rudi yang berpendapat bahwa sepak bola adalah passion terbesar bagi Indonesia terutama anak muda yang sangat menggandrungi cabang olah raga ini.

Tidak hanya sepakbola, traveling juga passion terbesar bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, FWD Life mendukung perhelatan Indie Travel Mart 2015 yang diselenggarakan oleh Triptrus.com dan didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Sebagai pemimpin, rupanya Rudi memiliki prinsip dalam menjalankan roda kepemimpinan. Yaitu disiplin, transparan dan akuntabel. Ketiga hal tersebut yang mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sehingga mendukung sistem perusahaan lebih baik.

“Namun yang lebih penting adalah treat people the way you want to be treated. Dengan prinsip ini, kita akan selalu berpikir dan memberikan yang terbaik bagi rekan kerja, nasabah dan para pemangku kepentingan lainnya,” jelas mantan Associate Director-Legal & Compliance PT AIA Financial. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved