Management Strategy

Penyalur KUR Terbesar di Indonesia, BRI Raih Rekor MURI

Penyalur KUR Terbesar di Indonesia, BRI Raih Rekor MURI

Merayakan HUT ke-120, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menncetak rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai bank yang mampu merealisasikan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke 12.000 nasabah per hari.

Per akhir November 2015, BRI telah berhasil menyalurkan kepada tidak kurang dari 686.831 nasabah. Sejak ditunjuk oleh pemerintah sebagai salah satu bank BUMN yang menjadi penyalur KUR dengan total target Rp 21,4 triliun, BRI telah mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan serapan KUR di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan refreshment training kepada lebih dari 9.000 mantri KUR BRI.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, mengungkapkan bahwa dalam waktu tiga bulan BRI berhasil menyalurkan KUR sekitar 700 ribu atau 12 ribu nasabah per hari. “Ini sama saja dengan dalam waktu satu detik BRI melayani dua orang nasabah,” ujarnya di Kantor Pusat BRI, Jakarta.

Untuk memantau penyerapan KUR, BRI bersama jajaran Kementerian BUMN kerap melakukan grebeg pasar. Salah satu contohnya, Asmawi bersama Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan grebeg pasar di Pasar Karangayu, Kota Semarang.

Selain itu, guna meningkatkan layanan KUR, BRI juga melakukan perbaikan sistem teknologi informasinya dalam rangka percepatan pengolahan data nasabah KUR, sehingga proses pelayanan nasabah menjadi cepat dan aman. Adapun pemberlakuan kegiatan Marketing Weekend Banking kepada para karyawan BRI seluruh Indonesia untuk memasarkan KUR kepada masyarakat.

Rincian target penyaluran KUR dari BRI yakni Rp 21, 4 triliun masing-masing Rp 17 triliun untuk KUR mikro, Rp 4 triliun untuk KUR ritel dan Rp 400 miliar untuk KUR TKI. Dengan target tersebut BRI melakukan serangkaian aksi korporasi demi memenuhi ekspektasi pemerintah terhadap penyaluran KUR yang optimal. Salah satunya dengan merekrut 3.000 orang Laskar KUR Mikro yang bertindak sebagai pemasar KUR BRI. Laskar KUR Mikro BRI merupakan pekerja BRI yang direkrut dari anak pedagang pasar yang ditugaskan sebagai tenaga pemasar KUR

Pada bulan Agustus 2015, BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 50 miliar kepada 3.442 nasabah, sementara pada September 2015 angka penyaluran KUR mencapai Rp 146 miliar yang tersalur kepada 9.005 nasabah. Di bulan Oktober dan November 2015, capaian BRI dalam penyaluran KUR adalah sebesar Rp 354 triliun kepada lebih dari 20.710 nasabah BRI. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved