Management Strategy

BRI Cari Dana Rp 4,65 Triliun

BRI Cari Dana Rp 4,65 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melakukan penawaran umum berkelanjutan (PUB) Obligasi Berkelanjutan I BRI Tahap II Tahun 2016, dengan jumlah pokok Obligasi sebesar Rp 4,65 triliun. PUB Obligasi Berkelanjutan I BRI Tahap II Tahun 2016 adalah bagian dari Obligasi Berkelanjutan I BRI dengan target dana yang akan dihimpun Rp 12 triliun. Dalam rangka PUB, BRI juga telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I BRI Tahap I Tahun 2015 sebesar Rp 3 triliun.

Tujuannya, untuk pengembangan bisnis dan penyaluran kredit BRI. “BRI menargetkan (kredit tumbuh) 15% dengan fokus pada UMKM. Itu adalah core business BRI. Pasarnya masih terbuka lebar sebanyak 58 juta orang,” kata Direktur Utama BRI, Asmawi Syam.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam

Berdasarkan prospektus BRI yang dipublikasikan di BEI, obligasi tersebut diterbitkan tanpa warkat dan ditawarkan dengan nilai 100% dari jumlah pokok Obligasi, dan terdiri atas tiga seri.

Seri A, sebanyak Rp 808 miliar dengan tingkat bunga tetap 8,50% per tahun, berjangka waktu 370 hari kalender sejak tanggal emisi. Pembayaran pokok Obligasi Seri A secara penuh akan dilakukan pada tanggal pelunasan pokok obligasi Seri A, yaitu pada 8 Februari 2017.

Seri B, sebanyak Rp 1,01 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 9,25% per tahun, berjangka waktu 3 tahun sejak tanggal emisi. Pembayaran pokok Obligasi Seri B secara penuh akan dilakukan pada tanggal pelunasan pokok Obligasi Seri B, yaitu 4 Februari 2019.

Seri C, sebanyak Rp 2,82 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 9,60% per tahun, berjangka waktu 5 tahun sejak tanggal emisi. Pembayaran pokok Obligasi Seri C secara penuh akan dilakukan pada tanggal pelunasan pokok Obligasi Seri C, yaitu 4 Februari 2021.

Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulan. Bunga obligasi pertama dibayarkan pada 4 Mei 2016, sedangkan bunga obligasi terakhir dibayarkan sekaligus dengan jatuh tempo masing-masing seri obligasi. Pelunasan obligasi dilakukan secara penuh saat jatuh tempo.

Obligasi ini telah memperoleh peringkat idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia. Penjamin pelaksana emisi obligasi dan penjamin emisi obligasi antara lain PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Securities, dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bertindak sebagai wali amanat.

Obligasi Berkelanjutan I BRI Tahap II Tahun 2016 telah mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 25 Juni 2014 dan akan ditawarkan 29 Januari dan 1 Februari 2016 mendatang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved