Listed Articles

ATM Bersama Perkenalkan Si Biru dan 3C

ATM Bersama Perkenalkan Si Biru dan 3C

Â

PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) sebagai pengelola ATM Bersama memperkenalkan Si Biru sebagai personifikasi dari ATM Bersama yang melambangkan jaringan shared ATM yang aman, nyaman dan terpercaya.

Â

Si Biru kali ini akan mengkampanyekan pesan 3 C: yaitu Cerdas, Cepat dan Cocok. Pesan tersebut merupakan konsep baru dalam bertransaksi di jaringan ATM Bersama. “Kampanye 3C dari ATM Bersama ini diusung guna memberikan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi, karena nasabah menuntut kepraktisan dalam bertransaksi, “kata Arya Damar, Direktur Utama Artajasa.

Â

Dijelaskan, pesan Cerdas diartikan hemat waktu dan biaya. Sementara makna Cepat karena transaksinya bersifat real time online, langsung diproses serta aman. Sedangkan pengertian Cocok adalah dapat digunakan di lebih dari 22 ribu jaringan ATM dari 72 bank anggota ATM Bersama.

Â

Beberapa bank yang menjadi anggota ATM Bersama antara lain; Bank Mandiri, BRI, BNI 46, Bukopin, BTN, Bank Danamon, OCBC NISP, Bank Muamalat, Citibank, CIMB Niaga, Standard Chartered Bank, ANZ, HSBC, Bank Mega, BII, Bank Permata, seluruh BPD dan lainnya.

Â

Menurut Arya, prospek ATM Bersama masih cerah di masa depan. Alasannya, saat ini saja lebih dari 35 juta kartu ATM yang tersebar di seluruh Indonesia, baru sekira dua juta pemegang kartu yang memanfaatkan layanan ini. Sebab selama ini banyak nasabah yang masih enggan untuk melakukan transaksi di luar terminal ATM bank mereka sendiri. Pasalnya, mereka belum mengetahui fitur transaksi yang dapat dilakukan, belum mengenal cara melakukan transfer bank, persepsi mahalnya transaksi atau takut uangnya hilang jika ada masalah.

Â

“Hal ini wajar sekali karena menyangkut masalah uang. Dan ini tidak cukup dengan mengkampanyekan lewat media. Tapi juga perlu edukasi langsung,” tambah Arya. Hingga saat ini transaksi di jaringan ATM Bersama dapat dilakukan di lebih dari 22.000 ATM dari 72 bank anggota ATM Bersama. Beberapa bank anggotanya adalah Mandiri, BRI, Bank Permata, CIMB Niaga, BII, Standard Chartered, Citibank, Bukopin, BNI, HSBC, ANZ, Bank Mega, BTN, Danamon, OCBC NISP, seluruh BPD, Bank Muamalat, dan lain-lain.

Â

Ke depan, Artajasa juga akan menginterkoneksikan jaringan sesama ATM Bersama di wilayah ASEAN melalui kerjasama ASEAN Pay. Saat ini yang sudah bekerja sama adalah pihak Meps dari Malaysia yang memiliki 7.500 jaringan ATM. “Akhir tahun nanti kami akan menginterkoneksikan dengan jaringan Nets Singapura yang memiliki sekitar 5.000 ATM,” tambah Business Strategy Manager Artajasa Thomas Arunditya.

Â

Selain itu, Artajasa juga bakal menginterkoneksikan dengan jaringan ATM Bersama di negara Thailand, Korea dan Filipina. Dengan integrasi ini, nantinya nasabah di dalam dan luar negeri bisa melakukan transaksi melalui jaringan ATM Bersama di negara masing. Untuk besaran charge biaya disesuaikan dengan charge dari masing-masing bank.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved