Technology

Huawei Ancang-Ancang Bangun Jalur 4K UHD Big Video di Indonesia

Mohamad Rosidi (kiri), GM, Solution Consulting, Huawei Indonesia dan Lim Chee Siong CMO Huawei untuk region Pasifik Selatan. Foto: Syukron Ali/SWA

Mohamad Rosidi (kiri), GM, Solution Consulting, Huawei Indonesia dan Lim Chee Siong CMO Huawei untuk region Pasifik Selatan. Foto: Syukron Ali/SWA

Dalam acara Big Video Summit di Jakarta, PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) tengah bersiap-siap sambung pipa jalur 4K Ultra High Definition (UHD). Teknologi asal Huawei tersebut diklaim sebagai end to end solution yang mengkombinasikan dari serat optik pita lebar (broudband) dan layanan video 4K UHD. “Teknologi dari Huawei ini dapat mempercepat transformasi bisnis digital dan mempersiapkan Indonesia menghadapi era ultra broudband,” jelas Mohamad Rosidi, GM Solution Consulting Huawei Indonesia.

Rosidi menjelaskan, di tahun 2020, diperkirakan 80% dari trafik di internet akan dipakai untuk video. Namun bukan hanya sekadar tayangan bergambar saja. Dalam menikmati sajian video, masyarakat semakin membutuhkan kualitas gambar yang lebih baik. Dan diera sekarang masyarakat sudah mulai peka dengan resolusi video 4K. “YouTube dan Netflix adalah contoh platform video yang sudah menyediakan konten dengan resolusi 4K,” sambung Rosidi.

Untuk memperlancar tontonan video 4K dengan kebutuhan kecepatan internet antara 20-25 Mbps tersebut, Huawei Indonesia memperkenalkan solusi 4K Ultra High Definition (UHD) Big Video. Langkah strategis yang sudah dijalin dengan menggandendeng Telkom Indonesia untuk melakukan uji coba di Surabaya.

Sementara itu CMO Huawei untuk Region Pasifik Selatan, Lim Chee Siong, menjelaskan bahwa selama 15 tahun, pihaknya telah menyediakan inovasi paling muktahir dalam industri video dan turut andil untuk mempersiapkan Indonesia dalam menghadapi era Ultra Broadband.

Ia berharap solusi video 4K Ultra HD dari Huawei dapat diterima dengan baik oleh operator dan dapat membantu mereka untuk menyediakan video berkualitas tinggi kepada para pelanggan. Diantara kontribusi Huawei untuk operator di Indonesia adalah dengan pengembangan video CODEC ITU-T H.265, yang memanfaatkan algoritma yang canggih untuk mengoptimalkan video streaming, serta menyandi kualitas dan latency.

Platform IPTV dan CDN milik Huawei juga akan menyediakan perbaikan besar-besaran untuk mempercepat distribusi yang pintar dan proses penjadwalan yang mutakhir untuk memastikan agar layanan 4K Ultra HD dapat diterima dengan baik oleh pelanggan. “Dari aspek terminal, Huawei akan menjadi penyedia pertama yang bekerja sama dengan operator dalam mengembangkan 4K Smart Set Top Box untuk mendukung layanan video 4K Ultra HD,” jelas Siong. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved