CSR Corner

Toyota Luncurkan Program Peduli Lingkungan

Oleh Admin
Toyota Luncurkan Program Peduli Lingkungan

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan program peduli lingkungan “Toyota Car for Tree” sebagai kelanjutan komitmen perusahaan untuk peduli terhadap permasalahan lingkungan terkait pemanasan global. Melalui program ini TAM menyisihkan Rp 35.000 dari laba penjualan setiap unit kendaraan Toyota selama periode Juli-Desember 2010 untuk didonasikan menjadi pohon.

TAM memperkirakan dapat mengumpulkan dana sekitar Rp 3,5-4 miliar untuk biaya penanaman dan perawatan pohon, dengan asumsi pasar otomotif nasional sebanyak 550 ribu unit dan market share Toyota sebesar 35%. “Program ini melibatkan seluruh jajaran dealer dan pelanggan untuk turut serta menjadi bagian,” ujar Presdir TAM, Johnny Darmawan di Jakarta, Rabu (7/7). Johny menambahkan, jika program ini bagus nantinya akan berkesinambungan.

Menurut Johny, program ini merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Toyota. Dilatarbelakangi oleh gerakan menanam satu miliar pohon dari pemerintah, TAM pun akan menanam sekitar 100 ribu pohon yang tempatnya sudah ditentukan namun belum dapat dipublikasikan.

Pada awal 2009 lalu, TAM telah membangun taman hijau Toyota seluas 1,1 hektar di area kupingan simpangan Yos Sudarso dan Perintis Kemerdekaan yang diresmikan oleh Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo. Taman ini ditanami 110 pohon pelindung, 80 pohon hias dan 1.800 pohon lainnya yang bertujuan untuk mereduksi karbon di sekitar Jakarta Utara.

Pada 2007 juga terdapat program Toyota Forest dan Green Hero, berupa hutan seluas 18 hektar di lingkungan pabrik Toyota Karawang dengan penanaman kayu keras seperti akasia, pinus, jati dan mahoni serta 36 spesies tanaman langka untuk tujuan penelitian konservasi.

“Toyota beserta jajaran dealer resmi lainnya selalu aktif mendukung berbagai program ramah lingkungan dan mengatasi perubahan iklim, karena selaras dengan visi global Toyota yang ingin mencapai keselarasan antara orang, manufaktur dan alam,” papar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved