Marketing Trends

Semester I/2016 Hino Jual 11.913 Kendaraan

Semester I/2016 Hino Jual 11.913 Kendaraan

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah berhasil menjual 11.913 unit di pasar Indonesia di semester pertama. Pelonjakan penjualan light, medium, heavy duty truck dan bus terjadi pada bulan Maret 2016, yang naik hingga 13,45%.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, mengungkapkan, Hino berhasil menjual 1.517 unit di bulan Februari. Sedangkan Maret meroket sampai 1.721 unit. Hino Dutro atau segmen light duty truck masih menjadi penyumbang penjualan paling besar bagi HMSI pada 7 bulan pertama tahun ini dengan penjualan mencapai 6.476 unit. Hino Dutro 130 HD 6.8 PS menjadi tipe paling laris dengan kontribusi 42.67% terhadap penjualan Hino Dutro keseluruhan atau berhasil terjual sebanyak 2.763 unit.

unnamed

Sementara itu, market share untuk Hino Dutro selama 6 bulan pertama ini 22% atau berhasil merangsek naik dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 17.5%. Walaupun berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia) pasar light duty truck selama periode Januari – Juli 2016 mengalami penurunan sebesar 20,19% dari sebelumnya di periode yang sama tahun 2015 terjual 36.468 unit turun menjadi 29.104 unit. Namun, Hino Dutro justru mecatatkan 27% market share pada bulan Juli.“Hino Dutro yang terus tumbuh dan naik market sharenya ketika pasar mengalami penurunan,” ujarnya.

Lebih lanjut Santiko menjelaskan pada segmen medium duty truck, walaupun pasar mengalami penurunan 12% selama Januari – Juli 2016, pihknya mengklaim masih bisa mempertahankan posisinya sebagai market leader selama 16 tahun ini. Pada periode Januari sampai Juli 2016 ini melalui produk unggulannya New Generation Ranger, Hino masih memiliki porsi market share paling besar yaitu sebanyak 60% dan mampu mempertahankan keunggulan dari para pesaingnya.

Selama periode tersebut Hino berhasil melepas New Generation Ranger kepasar sebanyak 5.427 unit. Tipe FM 260 JD 6×4 yang merupakan legenda dump truk di Indonesia masih menjadi tulang punggung penjualan Hino pada segmen ini. Tercatat FM 260 JD berhasil terjual sebanyak 969 unit atau menyumbang 20% penjualan Hino disegmen medium duty truck, selebihnya ada berbagai macam model seperti New Generation Ranger FL 235 JW yang diperuntukkan untuk segmen kargo, dimana segmen bisnis ini terbilang stabil penjualannya setiap tahun dan menjadi salah satu segmen andalan Hino.

Untuk semester I/2016 FL 235 JW yang memiliki konfigurasi 6×2 berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 474 unit, selanjutnya ada New Generation Ranger SG 260 Tractor Head 4×2 yang masih menjadi raja penarik kontainer dengan penjualan 401 unit.

Di sisi lain, untuk segmen bus dari total penjualan secara nasional, pada Januari – Juli 2016 Hino Bus menjual 635 unit atau meraih 72.32% pangsa pasar dari total penjualan nasional bus sebanyak 878 unit. Tipe bus Hino R 260 menjadi model terlaris dan menopang penjualan bus Hino paling besar dengan sumbangsihnya sebesar 71% atau setara dengan 448 unit. Bus bermesin belakang ini memang sangat handal dan tangguh dijadikan transportasi antar kota maupun dalam kota karena memiliki kapasitas hingga 59 tempat duduk. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved