Profile

Alfonso Indra Wijaya

Alfonso Indra Wijaya

Alfonso Indra Wijaya sangat bersyukur, sewaktu kecil dibiasakan berbahasa Mandarin oleh ibunya di tanah kelahirannya, Palembang. Dan, itulah yang menjadi cikal bakal bisnisnya di bidang kursus bahasa Mandarin dengan nama Everyday Mandarin (EM). Lulusan Universitas Parahyangan Bandung ini pun mengasah kemampuan bahasa Mandarinnya lebih jauh di Taiwan dan bekerja di sana.

Pulang ke Indonesia pada 2006, ia langsung mendirikan EM. Alasannya, Cina adalah negara dengan perekonomian terkuat nomor dua di dunia. “Banyak investor Cina tidak bisa berbicara bahasa Inggris. Yang bisa bahasa Inggris pun lebih suka, bahkan lebih akrab, jika berbicara dalam bahasa Mandarin. Mau tak mau, kami terpaksa mengikuti aturan main mereka karena mereka sudah terbukti maju pesat,” Alfonso menguraikan.

EM menawarkan jasa konsultan pendidikan ke Cina, pelatihan bahasa Mandarin, job hunting karyawan berbahasa Mandarin, penerjemah Mandarin tersumpah, dan sebagainya. Untuk memopulerkan bisnisnya, ia ikut pameran pendidikan di sekolah-sekolah SMU potensial dan di lokasi lainnya. Tak ketinggalan ia membuat situs web www.everydaymandarin.com dan milis bahasa Mandarin di http://groups.yahoo.com/group/everydaymandarin.

Kini, jumlah peserta kursusnya mencapai 2.000 orang dan terdapat 12-15 pekerjaan job hunter setiap bulannya. Komunitas milisnya mencapai 6.000 anggota, sehingga memudahkannya mencari pekerja yang bisa berbahasa Mandarin. Dibantu 17 pengajar dan 8 karyawan, Alfonso akan merambah kursus pendidikan bahasa Mandarin online dan membuka cabang hingga 2-3 unit lagi. “Itu obsesi saya selanjutnya,” ujar pria lajang kelahiran 1977 ini.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved