Berita BCA Berita BCA

Ingin Bahagia di Tempat Kerja? Ini Rahasianya

Ingin Bahagia di Tempat Kerja? Ini Rahasianya

Berada di kantor memang mampu memberi tekanan tersendiri. Tak heran bila ada yang menjadi tidak bahagia ketika masuk kantor, entah karena tidak cocok dengan tim atau hal lain. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bahagia.

Buat rencana kerja

Buat rencana kerja berisi jadwal kerja sehari-hari. Mulai dari jam tiba di kantor, lama kerja, dan tugas yang akan dikerjakan dalam sehari, seminggu, dan seterusnya. Persiapan ini akan membuatmu bersemangat bekerja karena lebih terarah.

Bahagia di Tempat Kerja (source: smart-money.co)

Bahagia di Tempat Kerja (source: smart-money.co)

Bersikap dan berpikir positif

Kadang bekerja di kantor bisa membuat bosan atau jenuh. Atau, ada rekan kantor yang mendapat promosi sedangkan kamu tidak. Hal semacam ini kadang bisa memicu pikiran negatif.

Namun, tetaplah berpikir positif dan bersyukurlah atas pencapaian yang sudah kamu lakukan. Ingat, masih banyak banyak orang mencari kerja.

Hindari menunda pekerjaan

Salah satu cara lain agar lebih bahagia adalah konsisten tidak menunda kerja. Meski terkesan sepele, hal ini bisa mendatangkan rasa bangga pada diri sendiri dan memicu kepuasan.

Jalin pertemanan

Berteman dengan rekan kerja juga bisa membuatmu lebih termotivasi pergi kerja. Hindari bergosip, membentuk kubu, atau mengucilkan rekan kerja yang kurang disukai agar bias tetap bahagia.

Tersenyum

Senyum selalu membawa kebaikan, termasuk di kantor. Tersenyum akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan karena otak mengeluarkan neuropeptide. Selain itu, senyum juga menular sehingga rekan kerja akan ikut tersenyum.

Terima rekan kerja apa adanya

Karakter tiap orang berbeda-beda, akan ada orang dengan karakter yang tak sesuai karaktermu. Untuk mengatasi masalah semacam ini, sebaiknya hindari konfrontasi dengan bersikap profesional.

Ucapan terima kasih

Kata ini sederhana namun memiliki makna mendalam bagi penerimanya. Biasakan mengucapkan terima kasih pada siapapun di kantor bila mereka membantumu, kecil atau besar.

Beri penghargaan pada diri sendiri

Penghargaan tak selalu berasal dari orang lain. Kamu bisa memberi hadiah untuk dirimu sendiri, misalnya berlibur, karaoke, menonton film, atau pergi bersama teman-teman setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Lihat juga video ini

Source: smart-money.co/lifestyle/ingin-bahagia-di-tempat-kerja-ini-rahasianya


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved