Marketing Trends

Pesona Edu - Samsung Luncurkan Buku Digital Interaktif Generasi 4

Pesona Edu - Samsung Luncurkan Buku Digital Interaktif Generasi 4

Dunia pendidikan kita sedang berevolusi ke arah digital. Maklum, dengan adanya tablet, anak benar-benar dapat belajar di manapun dan kapanpun dan mendapatkan informasi apapun dari berbagai sumber di internet.

Di sisi lain, sekolah sebagai institusi pendidikan juga mulai meningkatkan performa dengan mengadopsi pembelajaran digital ke dalam kegiatan belajar mengajar, misalnya dengan manggunakan laptop atau tablet dalam aktivitas pembelajaran.

pesona-edu

Pertanyaan yang banyak timbul kemudian, bagaimana dengan ketersediaan kontennya? Apakah pembelajaran digital hanya mengganti kertas dan pena dengan perangkat elektronik? Apakah penggunaan tablet sebenarnya berdampak baik atau buruk untuk anak? Bagaimana mengontrol konten yang diakses oleh anak?

Nah, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, Sabtu (1/10/2016) bersama meriahnya acara Indonesia International Book Fair (IIBF) 2016, dengan perusahaan penyedia software PesonaEdu & Samsung Indonesia meluncurkan Aplikasi Buku Digital Interaktif.

“Dengan teknologi buku digital generasi ke-4 ini sebagai jawaban dari kebutuhan dunia pendidikan akan tersedianya sumber dan bahan belajar berbasis teknologi digital berkualitas mumpuni. Aplikasi ini ditujukan untuk digunakan guru dan siswa sebagai media belajar dalam proses pembelajaran yang menyesuaikan dengan era-nya Gen Z, yaitu era digital,” kata Chief Marketing Pesona Edu, Ira Anindita.

Hary S.Chandra, Managing Director Pesona Edu, menambahkan, dengan buku digital interaktif, anak mampu memahami isi buku pelajaran digital, tak hanya menghafal. Dalam buku digital interaktif misalnya dalam pelajaran agama Islam ada urutan berwudhu yang diacak, sehingga anak tidak hafalan saja, tapi betul-betul memahami.

Banyak pihak mungkin berpikir bahwa Digital Textbook (buku pelajaran digital) hanya text saja (pdf). Karen Cator, Director of the US Education Department’s Office of Education Technology, memberi definisi bahwa digital textbook harus mengandung interaktif sehingga lebih komunikatif.

Inilah yang dipersembahkan oleh Buku Digital Interaktif hasil pengembangan PesonaEdu. Buku digital ini mampu menghadirkan nuansa baru dalam belajar, melampaui keterbatasan buku cetak. Materi dalam Buku Digital lnteraktif PesonaEdu disajikan dengan tampilan mirip buku asli, namun diperkaya oleh animasi dan simulasi interaktif berkualitas tinggi, audio narasi, dan berbagai fitur interaktif lain yang tertanam dalam aplikasi tunggal. Keunggulan ini sangat membantu siswa mempelajari konsep-konsep yang sulit dijelaskan oleh buku cetak atau buku digital yang hanya disajikan dalam bentuk text. Kita sebut inovasi ini sebagai Buku Digital Generasi ke-4.

Dari sisi aksesibilitas, Buku Digital Interaktif ini sangat user friendly, karena dapat diakses dari tablet. Alhasil, tablet yang biasanya hanya digunakan untuk chatting dan bermain game, kini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dengan cara yang sama menariknya. Untuk sistem operasi, Aplikasi ini tersedia diberbagai platform baik Windows, Android maupun iOS.

Untuk menjamin kualitas dan keberagaman kontennya PesonaEdu berkolabirasi dengan berbagai penerbit baik dalam maupun luar negri yang sudah berpengalaman dan terpercaya di bidangnya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peluncuran Buku Digital Interaktif ini, Samsung Indonesia, bersedia menjalin kerja sama dengan Pesona edu untuk mempercepat proses pendistribusian konten pembelajaran melalui tablet Samsung Tab A8 dan Tab A7.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved