CEO Interview

Tiga Dekade, RSM Indonesia Perbesar Porsi Nonaudit

Tiga Dekade, RSM Indonesia Perbesar Porsi Nonaudit

Ekonomi diprediksi akan semakin kondusif pada 2017 mendatang. Inilah saat yang dinanti-nantikan para pengusaha. Rencana ekspansi bisnis yang telah disusun akan mulai dijalankan, termasuk menjalin sinergi dengan investor strategis.

Amir Abadi Jusuf

Chief Executive Partner RSM Indonesia, Amir Abadi Jusuf

Ini adalah peluang bagus untuk RSM Indonesia. Tiga dekade berlalu, perusahaan yang didirikan Amir Abadi Jusuf ini ingin terus berkontribusi untuk perekonomian Indonesia. Mereka siap memperbesar layanan konsultasi seperti pajak, Good Corporate Governance, dan aksi korporasi.

Perusahaan, yang semula bernama RSM AAJ ini, menargetkan pendapatan tumbuh dua kali lipat pada lima tahun mendatang. Berikut ini petikan wawancara dengan Chief Executive Partner RSM Indonesia, Amir Abadi Jusuf di Jakarta, beberapa waktu lalu:

Apa saja milestone RSM Indonesia?

Dari awal berdiri, kami hanya 3 orang. Sekarang, total karyawan sudah lebih dari 500 orang. Tahun 1992, kami bergabung dengan RSM dan menempatkan satu ekspatriat di kantor. Dari sebuah rumah sederhana, kami kini berkantor di Plaza Asia Level 10 sejak tahun 2005.

Tahun 1994, RSM Indonesia berhasil mengantarkan perusahaan, IPO untuk pertama kalinya. Empat tahun berselang, kami mendapat kepercayaan untuk membantu restrukturisasi BPPN. Kami juga dipercaya pemerintah untuk melakukan audit kinerja perusahaan besar yang disponsori Dana Moneter Internasional (IMF), seperti Telkom, PTPN, Krakatau Steel, Semen Gresik, dan PT PAL.

Apa saja tantangan yang dihadapi?

Tantangan terbesar adalah regulasi yang terus berkembang seperti standar akuntansi yang semakin kompleks. Selain itu, regulator juga semakin banyak, seperti Pusat Pengembangan Profesi Keuangan, Departemen Keuangan; Otoritas Jasa Keuangan bidang pasar modal, perbankan, dan lembaga keuangan nonbank.

Ini belum termasuk kehadiran Badan Pengawas Keuangan yang turut mengawasi kinerja BUMN. Saat ingin ekspansi keluar negeri, perusahaan juga harus mengikuti aturan di negara setempat. Kami bisa bersinergi dengan jaringan RSM di negara tersebut.

Kiat memenangi persaingan?

Kami fokus di kualitas, melayani klien dengan baik, sembari tetap tumbuh. Compliance adalah hal yang tidak bisa ditawar. Untuk itulah, kami berusaha memahami kebutuhan klien agar bisa memberi manfaat yang besar untuk perekonomian domestik.

Dengan begitu, klien percaya dan nyaman sehingga tidak melirik yang lain. Klien pindah karena satu faktor. Trust hadir seiring janji yang kami deliver. Kami mencari solusi bersama, memberi pandangan yang segar, solusi yang bagus untuk perbaiki, dan pada akhirnya bagaimana mereka tetap nyaman.

Tak hanya audit, kami juga menawarkan layanan konsultasi bisnis seperti pajak, tata kelola perusahaan, dan aksi korporasi seperti merger dan akuisisi. Bisnis kami sangat dinamis dan dipengaruhi banyak hal, seperti manajemen dan aturan di internal klien, serta regulasi yang berlaku.

Apa target 5-10 tahun mendatang?

Kami ingin tumbuh lebih cepat. Targetnya adalah pendapatan dobel. Untuk itulah kami memperbesar porsi consulting karena di porsi audit pertumbuhannya terbatas. Saat ini, porsi pendapatan dari audit masih yang paling besar, yakni 60%. Ke depan, kami ingin 40% dari audit dan sisanya dari nonaudit.

Kalau ekonomi tumbuh, kebutuhan consulting juga akan naik. Misalnya, perusahaan mau investasi, minta bantuan kami mulai dari mencari partner lokal maupun internasional. Pun, saat ada investor asing mencari partner lokal. Perusahaan mau IPO, kami bantu persiapkan semuanya. Kami juga ada konsultasi IT dan governance.

Bagaimana strateginya?

Kami berusaha merekrut key person untuk mendatangkan bisnis dan membangun jaringan baru. Mereka ini telah memiliki network yang luas. Pada saat bersamaan, kami juga terus menambah sumber daya manusia untuk mendukung masuknya bisnis baru.

Kehadiran sumber daya yang berkualitas akan menjadi magnet untuk menarik banyak tenaga andal lainnya untuk bergabung dan membesarkan RSM Indonesia. Kami menawarkan pengembangan karier yang luas untuk seluruh karyawan.

Ada training wajib minimal 30 jam setiap tahun. Setiap karyawan juga punya kesempatan bertugas keluar negeri di jaringan RSM internasional. Setiap tahun, kami mengirim orang ke Belanda, Singapura, Australia. Ada juga penugasan khusus ke Bangladesh, Mozambique, Vietnam, dan China. Value karyawan kita akan terus meningkat.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved