CSR Corner

Pelanggan Telkomsel Sumbang Korban Gempa Pidie Rp1,5 Miliar

Pelanggan Telkomsel Sumbang Korban Gempa Pidie Rp1,5 Miliar
telkomselsumbanganpidie

Gempa yang terjadi di tiga kabupaten di Provinsi Aceh, utamanya di Kabupaten Pidie Jaya yang epicentrum gempanya paling besar 6,5 SR pada Rabu (7/12) lalu menghancurkan bangunan. Sekitar 102 korban tewas akibat bencana tersebut. Ditemui di kantornya kemarin, Telkomsel Smart Office (TSO) Gatot Subroto Jakarta, Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah yang baru kembali dari Aceh mengatakan, total donasi yang terkumpul dari pelanggan Telkomsel Rp 1,5 miliar hingga hari itu. Angka tersebut akan bertambah seiring program donasi pelanggan yang dikumpulkan dari SMS hingga Januari nanti. Bantuan tersebut akan diberikan dalam bentuk layanan air, sanitasi, serta edukasi kebersihan dan kesehatan keluarga. Sementara untuk pemulihan kondisi, akan dilakukan pembangunan pemukiman warga dan perbaikan sarana ibadah.

Ia berterima kasih atas perhatian dan kepedulian para pelanggan yang menyisihkan sebagian yang dimilikinya untuk membantu para korban bencana di Pidie Jaya. Telkomsel menyediakan layanan SMS donasi bagi pelanggan yang ingin memberikan sumbangan bagi para korban bencana gempa bumi di Aceh. Pelanggan cukup mengirimkan SMS, ketik Donasi (spasi) Aceh lalu kirim ke 7788. Untuk setiap SMS donasi yang terkirim, pelanggan dikenakan Rp 5.000 yang seluruhnya disalurkan untuk korban bencana. Pelanggan masih berkesempatan untuk memberikan donasi melalui SMS hingga 31 Januari 2017. Pada saat Ririek ke Pidie baru Rp 1 miliar yang diserahkan kepada korban. Seiring bertambahnya SMS donasi, jumlah tersebut akan terus bertambah. “Donasi pelanggan Telkomsel melalui SMS tersebut disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI),” katanya.

Menurutnya, setelah bencana terjadi, selain donasi dari SMS pelanggan, Telkomsel melalui tim CSR (corporate social responsibility) secara cepat menyediakan bantuan terutama dilakukan tim di area sana. “Kebutuhan para korban yang terlupa pihak lain, menghubungi segera keluarga mereka. Pasokan listrik yang tetiba mati, membuat ponsel mereka mati, maka itu posko kami ramai bagi para korban untuk mengisi baterai ponsel mereka,” katanya.

Setelah gempa bumi menghentak Pidie Jaya yang mengakibatkan tidak beroperasinya BTS-BTS di wilayah tersebut, Telkomsel langsung melakukan penanganan secara intensif terhadap seluruh elemen jaringan. Dalam waktu yang relatif cepat, Telkomsel telah berhasil mengoperasikan kembali seluruh BTS yang berlokasi di daerah yang terkena bencana, serta menghadirkan layanan 4G LTE untuk akses layanan data yang lebih cepat.

Sebelumnya Telkomsel telah menyerahkan bantuan kepedulian sosial bagi para korban bencana berupa sembako, obat-obatan, dan fasilitas telekomunikasi yang disalurkan kepada para korban bencana melalui Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya. Di samping bantuan sosial, untuk memberikan dukungan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi di lokasi bencana, Telkomsel juga menyediakan layanan telepon gratis dan fasilitas charging ponsel gratis di Kota Meureudu, Kecamatan Ulee Gle, dan Kecamatan Trienggadeng. Kabupaten Pidie Jaya didukung oleh 92 BTS Telkomsel yang melayani lebih dari 96.000 pelanggan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved