Profile

Ifnu Bima

Ifnu Bima

Banyaknya rekan sesama praktisi teknologi informasi (TI) yang menjelajah ke mancanegara, memincut Ifnu Bima turut serta. Akhirnya, lulusan Jurusan Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor ini berlabuh di Sharobi Technologies, Singapura, dan menjabat sebagai Technical Lead Security Engineer untuk Deutsche Bank, yang saat ini sedang mengembangkan aplikasi untuk menangani otentikasi, otorisasi dan pengelolaan pengguna aplikasi database. Langkah pertama yang dilakukan adalah membangun infrastruktur Single Sing-On.

Ekosistem perbankan jenis otentikasi cukup banyak, misalnya user bisa login menggunakan salah satu dari device ini: smart card, Vasco Token, RSA SecurID. Nah, itulah tugas Ifnu: mengembangkan pengodean sistem dan device tersebut. “Selain itu, saya bertugas sebagai technical contact person untuk proyek ini. Peran ini cukup penting mengingat proyek ini tidak bisa berdiri sendiri, diperlukan aplikasi lain yang menggunakan layanan otentikasi dan otorisasi agar proyek ini bisa berguna,” ujar kelahiran Banyuwangi 15 Maret 1983 ini.

Karier Ifnu di dunia TI dimulai sebelum lulus kuliah dengan bekerja sebagai Junior Officer di Jati Piranti Solusindo, lalu di International Centre for Research in Agroforestry, Bogor. Selanjutnya, ia berhenti untuk merampungkan S-1-nya yang tertunda. Setelah lulus, ia mendirikan Artivisi Intermedia, perusahaan pelatihan dan pembuatan aplikasi berdasarkan bahasa pemrograman Java. Hanya bertahan sesaat, ia hengkang dan berkarier di Asyx International BV sebelum akhirnya hijrah ke Singapura.

Target Ifnu ke depan adalah menjadi arsitek software aplikasi perbankan yang memiliki tantangan dan risiko besar. Untuk mencapainya, ia akan terus belajar, belajar dan belajar. “Saya beruntung bisa bekerja dengan orang-orang hebat di sekeliling saya sehingga bisa belajar banyak hal, tidak hanya hal teknis tetapi juga hal yang berkaitan dengan life skill seperti komunikasi dan berempati,” tuturnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved