Management Trends

SWA dan Kumparan Bangun Kerja Sama Strategis

SWA dan Kumparan Bangun Kerja Sama Strategis

Perbincangan akrab mengawali acara seremonial penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) kerjasama antara Majalah SWA dan kumparan. Maklum, para petinggi kedua perusahaan ini sebelumnya memang sudah saling mengenal dengan baik. Maka, saling canda pun mewarnai acara tersebut yang berlangsung di kantor kumparan, Jl. Jati Murni 1A, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tanggal 8 Mei 2017.

SWA-Kumparan

Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA, dan Hugo Diba, CEO kumparan.com, Menandatangani MoU Kerja Sama antara Majalah SWA dan kumparan

Namun, suasana khidmat tetap mewarnai acara penting dan bersejarah bagi SWA maupun kumparan ini. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan pemotongan tumpeng.

Dengan adanya kerjasama ini, maka konten konten SWAOnline dapat diakses melalui halaman website kumparan (www.kumparan.com). Bagi SWA, sebagai salah satu media bisnis terbesar di Indonesia, kerjasama ini merupakan langkah strategis untuk melebarkan sayapnya di dunia digital. Sementara bagi kumparan yang merupakan situs media online hybrid pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi media sosial sebagai komponen intinya, menciptakan inovasi di ranah media online nusantara, maka kehadiran SWAOnline di www.kumparan.com akan memperkaya konten bisnis yang berasal dari sumber terpercaya.

Kerjasama ini diharapkan dapat menyinergikan kekuatan masing-masing pihak dan memberikan dampak positif bagi kedua perusahaan, komunitas bisnis, dan pembaca pada umumnya.

Kerjasama tersebut dilakukan untuk merespons perkembangan teknologi digital yang semakin pesat dalam penyebaran informasi langsung kepada pembaca menjadi salah satu pemicu lahirnya bentuk media baru dengan segala keunggulannya. Fenomena ini mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari sumber informasi yang terpercaya, akurat, berkualitas, kredibel dan bisa interaksi serta berkontribusi dalam penyebaran informasi lebih luas lagi.

Kemitraan strategis ini ditandatangi oleh Kemal Gani, Group Chief Edito SWA dan Hugo Diba, Chief Executive Officer Kumparan, yang juga dihadiri oleh pejabat senior lainnya dari SWA dan kumparan.

Kemal E Gani mengungkapkan, “Hadirnya SWAOnline di kumparan akan menjadi inovasi baru dalam industri media digital yang akan menyediakan platform kolaboratif dan interaktif bagi lembaga bisnis, pemerintah, dan nirlaba untuk membangun kredebilitas dan pertalian erat dgn stakeholder yang dibangun dengan teknologi terkini.”

Di lain pihak, Hugo Diba mengatakan, dengan adanya kerjasama ini, pembaca pun dapat dengan mudah mencari dan mengikuti semua konten SWAOnline dalam satu akun khusus yang ada di kumparan. “Selain itu, adanya fitur moderasi konten yang dilakukan oleh tim kumparan, yaitu pemilihan konten yang berkualitas dan kredibel dari pakar bisnis maupun para pembaca aktif yang berkontribusi menyumbangkan konten yang berkaitan dengan bisnis, sehingga referensi konten bisnis akan semakin kaya dan dihadirkan dalam satu topik bisnis yang juga bisa diikuti oleh pembaca,” ujar Hugo.

Kemal menambahkan, kerjasama ini menciptakan satu alternatif channel baru untuk mempublikasikan konten-konten SWAOnline kepada pembaca yang lebih luas. “Kami berharap kerjasama ini akan bisa membawa perubahan mendasar bagi industri digital media kita. Saat ini, konten digital tengah mendapat sorotan yang cukup kritis dalam hal kredibelitas,” Kemal menjelaskan.

“Dari sisi komersial, model bisnis komersial, model bisnis yg diusung Kumparan adalah monetisasi konten, sehingga memiliki nilai jual lebih bagi para calon pemasang iklan. Dengan demikian peluang bisnis semakin terbuka lebar dan menguntungkan bagi calon pemasang iklan karena mendapatkan konsumen sesuai dengan target market-nya,” ujar Hugo..


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved