Profile

Evelyne Gunawan

Evelyne Gunawan

Sarjana teknik industri dari Universitas Trisakti, Jakarta, ini ternyata malah terpincut menggeluti dunia pemasaran. Evelyne Gunawan, nama lajang kelahiran 9 Agustus 1980 ini, mengawali karier di PT Toyota Astra Motor (TAM) pada pertengahan 2004 sebagai Junior Officer di Divisi Komunikasi Pemasaran. Tahun 2007 kariernya naik menjadi Senior Staff setelah ikut membesarkan Toyota Yaris yang saat itu baru diluncurkan. “Di bidang pemasaran ini saya learning by doing,” ungkap putri pasangan Dokter Subur Gunawan dan Dokter Imelda Gunawan ini.

Dan, tahun lalu Evelyne didapuk memegang dua posisi sekaligus: Section Head Advertising and Event TAM dan Manajer Produk Toyota Yaris. Sebagai Section Head, ia mengelola tiga timnya dengan memonitor dan meng-encourage tim bahwa iklan-iklannya sukses, timing serta placement brosur dan event berjalan lancar. Pekerjaan rumah yang lumayan besar justru ada pada tugasnya sebagai Manajer Produk Toyota Yaris, karena ia ditantang menaikkan pangsa pasar Toyota Yaris yang notabene menghadapi persaingan cukup ketat di kategori hatchback. Maka, sejak 2008, Yaris masuk ke jejaring sosial dengan menyinergikan 4P: product, price, promotion and placement.

Evelyne, yang pernah bergabung dengan PT Nutrifood Indonesia di Bagian Komunikasi Pemasaran juga, menegaskan bahwa di dunia otomotif Yaris adalah brand mobil pertama yang menggunakan sarana jejaring sosial dengan memosisikan brand ini sebagai manusia. Tahun lalu, dikatakannya, pengunjung Yaris di Facebook 3 ribu orang, sekarang lebih dari 30 ribu. Kini, ia kerap kopi darat dengan Toyota Yaris Community Indonesia dari Facebook. “Saya sangat menikmati pekerjaan ini. Karena bagi saya, kita harus suka dengan yang kita lakukan. Kalau suka, pasti hasilnya positif,” ungkap pehobi menonton, traveling dan shopping yang juga pencinta anjing ini.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved