Management Trends zkumparan

Penyelanggaraan Mudik 2017 Diklaim Lebih Baik

Penyelanggaraan Mudik 2017 Diklaim Lebih Baik

Pelaksanaan mudik tahun ini dinilai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lebih baik dari tahun sebelumnya. Diketahui tahun ini sudah tidak ada lagi kemacetan parah seperti yang terjadi pada tahun lalu. Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, selaku koordinator penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017, mudik tahun ini bisa berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya karena adanya perencanaan dan persiapan lintas sektoral yang lebih matang.

Lebih lanjut Menhub Budi menjelaskan, sejak jauh hari pemerintah sudah melakukan perencanaan, pengecekan kesiapan infrastruktur jalan, penyiapan manajemen dan rekayasa lalu lintas operasional di lapangan, pengecekan kesiapan sarana angkutan, penyiapan fasilitas pendukung seperti kesiapan rest area, pos kesehatan, ketersediaan BBM, hingga sosialisasi jalur utama dan jalur alternatif.

Keberhasilan mudik tahun ini, juga didukung dengan adanya jalur tol darurat di beberapa titik ruas jalan dan empat flyover (jalan layang) efektif dalam memecah kemacetan arus mudik dan arus balik. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan kehadiran tol darurat pada arus mudik Lebaran banyak memberikan manfaat kepada para pemudik, terutama dalam memecah beberapa titik kemacetan akibat penumpukan kendaraan pemudik.

Adapun keempat flyover perlintasan kereta tersebut berada di Klonengan, Dermoleng, Kretek, dan Kesambi, yang berada pada ruas jalan Tegal-Purwokerto yang menghubungkan jalur pantai utara (Pantura) Jawa melalui lintas tengah menuju ke jalan lintas selatan Jawa. Menurut Menteri Basuki, keberadaan flyover tersebut dapat mempercepat waktu tempuh para pemudik. Jika biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 14-16 jam untuk melintasi keempat perlintasan kereta tersebut, kini waktu tempuhnya semakin singkat, yaitu hanya 5-6 jam saja.

“Secara umum, tambahan empat flyover dan juga ruas tol darurat sepanjang 337 Km di Pulau Jawa dan 65 Km di Pulau Sumatera serta kondisi jalan nasional yang mantap, membuat arus mudik tahun ini berjalan dengan sangat baik,” ujar Basuki.

Sedangkan dari sisi manajemen lalu lintas, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa juga menyatakan bahwa untuk tahun ini, baik arus mudik mau pun arus balik, berjalan dengan lebih baik, aman, dan nyaman. Salah satunya bisa terlihat dari adanya penurunan jumlah kecelakaan dan korban kecelakaan. Data Korlantas mencatat, terjadi penurunan jumlah kecelakaan sebesar 30,4%, yakni dari 4.551 kecelakaan pada tahun 2016 menjadi 3.168 kecelakaan pada tahun 2017.

Sementara, pada jumlah korban kecelakaan juga terjadi penurunan, baik dari jumlah korban meninggal, korban luka berat, dan korban luka ringan. Korban meninggal pada tahun ini turun sebesar 41,2% atau dari 1.261 orang menjadi 742 orang; korban luka berat turun sebesar 40,2% atau dari 1.148 orang menjadi 687 orang; dan korban luka ringan turun sebesar 23,4% atau dari 5.697 orang menjadi 4.366 orang.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved