Marketing Trends

Super Ngobrol Baru untuk Pehobi Voice Call dan SMS

Super Ngobrol Baru untuk Pehobi Voice Call dan SMS

Di tengah berkembangnya layanan data di industri selular yang sangat pesat di Indonesia, masih banyak masyarakat yang masih mempertahankan gaya berkomunikasinya melalui legacy services yaitu layanan voice call dan SMS. Terutama bagi masyarakat di daerah yang masih terbatas jaringan broadband-nya. Hal ini mestinya tidak membatasi kebutuhan konsumen untuk mendapatkan hak untuk bisa berkomunikasi dengan leluasa tanpa batas. Kebutuhan dasar inilah yang ditangkap PT XL Axiata Tbk dengan meluncurkan kartu perdana: Super Ngobrol Baru.

Produk baru ini memungkinkan pelanggan XL Axiata mendapat layanan voice atau panggilan, SMS tanpa batas juga akses internet. Program yang berlaku mulai 7 Juli hingga 31 Desember ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan komunikasi panggilan lebih leluasa. Saat ini kontribusi layanan legacy XL ini 30 persen terhadap revenue atau pendapatan XL Axiata.

Allan Bonke, Chief Commerce Officer XL Axiata mengakui terjadi penurunan tren kontribusi layanan panggilan dan SMS pada revenue XL Axiata. Tentu saja dikarena perubahan perilaku konsumen yang lebih suka mengirim pesan singkat dan melakukan layanan telepon melalui aplikasi-aplikasi seperti whastapp, Line, atau layanan komunikasi internet lain. Ia menyebut saat ini kontribusi layanan data terhadap revenue XL Axiata sudah mencapai 68 persen, peningkatannya sangat tinggi dibanding tahun lalu yang hanya 53 persen.

“Program ini promo Kartu Perdana Super Ngobrol Baru ini memudahkan pelanggan yang selama ini masih aktif menggunakan layanan 2G untuk beralih ke layanan data yang mampu menghadirkan layanan dan manfaat yang lebih banyak. Pelanggan tidak perlu khawatir dengan biaya telekomunikasinya, karena saat ini biaya pemakaian untuk voice dan sms dapat dialihkan untuk menikmati layanan data yang lebih besar,” jelas Allan.

Manfaat yang ditawarkan program promo Super Ngobrol Baru ini berupa gratis nelpon dan SMS tanpa batas ke semua nomor XL, nelpon Rp 1/detik ke operator lain, Rp 50 per SMS ke operator lain, dan akses internet Rp 50/MB. Selain itu, pelanggan masih akan mendapatkan manfaat berupa gratis nelpon tanpa batas melalui WhatsApp dan Line, gratis akses YouTube 100MB/bulan, serta gratis berlangganan dan akses ke program “XL SuperNonton”.

Dengan total 48 juta pelanggan, pengguna layanan legacy profilnya terutama berdomisili di daerah luar perkotaan, yang jika dilihat dari ketersediaan jaringan memang area-area tersebut baru mulai terjangkau jaringan data berkualitas. Trafik data voice dan sms XL Axiata sendiri saat ini mencapai 251 juta menit/hari dan SMS 92,5 juta/hari.

Menurut I Gede Darmayusa, VP ProjectManagement Office XL mengatakan meski saat ini XL Axita sudah mengukuhkan diri fokus di layanan digital, terlebih dengan jaringan data yang makin meluas dan menjangkau pelosok-pelosok daerah pihaknya merasa penting memperhatikan pelanggan yang memiliki kebutuhan layanan panggilan dan SMS yang tinggi. Hingga saat ini, jangkauan layanan 4G LTE dan 3G U900 XL Axiata telah mencapai 80 hingga 92% dari total populasi penduduk di Indonesia. Untuk cakupan layanan 2G sudah mencapai lebih dari 94%. “Kami berharap peningkatan kualitas layanan data yang kami lakukan secara terus menerus secara massif akan bisa mendorong percepatan peralihan pelanggan ke layanan data karena manfaat yang bisa didapatkan pelanggan juga jauh lebih banyak,” katanya.

Mengantisipasi pelanggan dari program akuisisi Kartu Perdana Super Ngobrol Baru XL Axiata telah menyiapkan kapasitas jaringan yang memadai. Dari sisi utilisasi, total kapasitas jaringan yang tersedia saat ini memungkinkan untuk melayani peningkatan trafik hingga 2 kali lipat. Hingga saat ini 4G LTE XL Axiata tidak kurang dari 288 kota/kabupaten di berbagai provinsi Indonesia telah terjangkau layanan XL 4G LTE. “Peningkatan layanan voice saat lebaran saja 10 persen, setelah kami melakukan penambahan coverage, sedangkan data naik 218 persen. Targetnya karena ini manifesto diharapkan semua menggunakan XL, tanpa batas untuk mengobrol,” ujar Darma.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved